Diera Digital, Orang Tua Dituntut Lebih Cerdas Mengasuh Anak

ANALISAPUBLIK.COM | Banda Aceh – Perkembangan teknologi yang kian pesat, menuntut orang tua untuk lebih cerdas dalam memikirkan kiat membina anak sebagai generasi masa depan. Jika tidak, kualitas generasi muda akan kian merosot akibat ketergantungan pada teknologi, hal itu dikatakan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Dyah Erti Idawati saat pembukaan seminar parenting milenial, di Restoran Pendopo Gubernur Aceh, Sabtu (8/12/2018).

“Pengaruh globalisasi itu membuat orang tua harus lebih cerdas untuk mengatasinya lewat berbagai upaya,” ujar Dyah.

Dyah, menambahkan, Mendidik anak, secara substansial tertuang dalam al-Quran. Allah telah menyuruh seluruh manusia untuk memelihara keluarga dan anak-anaknya. Oleh Karena itu, anak sebagai aset masa depan menjadi tanggung jawab orang tua dalam hal pendidikan dan pembinaan.

Ia mengharapkan seminar yang digelar hari ini dapat menambahkan keilmuan bagi seluruh anggota PKK dari seluruh Aceh, yang nantinya bisa mempengaruhi kebijakan dan program di daerah terkait pola mengasuh anak.

Selain itu, lanjut Dyah, seminar parenting itu sangat penting dalam rangka perluasan wawasan untuk menyusun program tahun depan khususnya dalam hal parenting.
“Harapan kita program ini bisa kita jalankan secara lebih maksimal di masa yang akan datang,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Tati Ariana mengatakan, Seminar Parenting Millenial digelar bertujuan agar orang tua memahami pola asuh sesuai dengan era milenial. Anak harus tumbuh sebagai generasi yang berakhalukulkarimah. Teknologi harus dimanfaatkan untuk tumbuhkembang bakat anak yang sifatnya positif.

Seminar sehari yang digelar Tim Penggerak PKK Aceh mengusung tema “Mengenali dan mengatasi tantangan pengasuhan di era digital” dimana kegiatan tersebut pemateri di isi oleh psikolog nasional, Elly Risman.

Tema itu diangkat dikarenakan teknologi yang terus berkembang sehingga membuat pola mendidik anak haruslah sesuai gaya hidup di era milenial, seminar itu diikuti oleh 90 peserta dari PKK Aceh dan PKK Kabupaten/Kota se Aceh, turut hadir juga Kepala Dinas Kesehatan Aceh dr Hanif, Kepala Dinas Pendidikan Aceh Syaridin. (Ismail)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *