Suport Tradisi Geredoan, Michael Diarak Ribuan Pemuda Macan Putih

ANALISAPUBLIK.COM | Banyuwangi – Dengan menggunakanan sepeda motor, ribuan pemuda Desa Macan Putih Kacamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, menyerbu tempat wisata Alam Indah Lestari (AIL), Sabtu sore (8/12/2018). Mereka berkumpul didepan gerbang sambil menderukan suara sepeda motornya.

“Ayo tetap jaga ketertiban,” teriakan dari salah satu pemuda disela-sela suara knalpot sepeda motor yang saling bersautan.

Tapi kedatangan ribuan pemuda ke tempat wisata yang berada di Desa Karangbendo Kecamatan Rogojampi ini tak perlu dikhawatirkan. Lantaran kehadiran mereka bukanlah untuk tawuran, melainkan hanya untuk menjemput Michael Edy Hariyanto, SH, selaku pemilik wisata AIL yang juga sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi, yang kemudian diarak menuju perayaan tradisi geredoan yang sedang digelar masyarakat Desa Macan Putih.

“Ini adalah ungkapan terimakasih kami kepada bapak Michael kerena sudah mendukung pelestarian perayaan salah satu tradisi di desa kami yaitu Geredoan,” ungkap Adi, salah satu pemuda ditengah rumunan kendaraan.

Selanjutnya, setelah Michael bersama rombongannya keluar dari dalam AIL, ribuan pemuda tersebut langsung mengarak rombongan dengan cara berkonvoi. Sontak jalan yang dilalui rombongan tersebut mem biru dikarenakan ribuan pemuda tersebut menggunakan kaos partai berlogo Mercy besutan mantan Presiden Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Kepada media, Michael panggilan akrabnya, mengaku sangat optimis jika kedepan, akan ada kemajuan yang besar di Desa Macan Putih. Asalkan kekompakan yang sudah terjalin tetap terjaga dan selalu diarahkan ke hal positif.

“Kita ingat perkataan bapak plokamator kita Bung Karno yang pernah mengatakan jika beri aku sepuluh pemuda, maka akan ku guncangkan dunia. Dan perkaraan itu juga berlaku di Desa Macan Putih,” ungkap Politisi yang juga pengusaha kelas kakap di Bumi Blambangan ini.

Seperti diketahui, Geredoan adalah tradisi asli Banyuwangi yang setiap tahunnya digelar oleh masyarakat Desa Macan Putih dalam rangka memperingati Maulid Nabi.

Geredoan dalam bahasa indonesia berarti saling menggoda. Sehingga dalam acara tradisi Geredoan ini, muda mudi desa setempat diberi keleluasaan untuk bercengkerama saling mengenal. Dan apabila ada kecocokan, diharapkan bisa berlanjut ke jenjang pernikahan.

Pada momen ini, Michael hadir sebagai pribadi yang peduli pada pelestarian tradisi asli Banyuwangi. (Bud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *