Tingkatkan Pelayanan Transportasi, Dilaksanakan Uji Coba Sandar Kapal Besar Pelabuhan Legon Bajak Karimun Jawa

ANALISAPUBLIK.COM | Jepara – Dalam rangka peningkatan pelayanan transportasi di pulau Karimunjawa, Kabupaten Jepara dan Kementrian Perhubungan Direktorat Jendral Perhubungan Laut Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Karimunjawa melaksanakan uji coba sandar kapal Penumpang di Pelabuhan Legon Bajak Karimunjawa. Uji coba tersebut dilaksanakan oleh KM Pelni Kelimutu dan KM Expres Bahari 9C, Sabtu (8/12/2018).

Sebagai informasi bahwasanya sejak dibukanya rute pelayaran transportasi KM Pelni Kelimutu ke Karimunjawa, kapal tidak bisa bersandar di pelabuhan yang ada karena kapal terlalu besar. Sehingga harus bersandar dan menurunkan penumpang ditengah dan penumpang harus dilangsir menggunakan kapal kapal kecil untuk sampai ke pulau Karimunjawa.

Penandatanganan berita acara dan MOU yang dilaksanakan di Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Karimunjawa diikuti oleh beberapa instansi terkait yakni Direktorat Jendral Perhubungan laut, Dinas Perhubungan Jawa Tengah, Kepala Kantor UPP kelas III Karimunjawa, Manager Pelni Pusat, Bahari Expres serta jajaran Muspika Karimunjawa.

Riyan Ticen SE ,M.Si selaku Kepala Kantor UPP Karimjawa Kelas III Dalam sambutanya menyampaikan. Bahwa Kantor UUP Kelas III Legok Bajak selama ini telah berusaha untuk melengkapi fasilita pendukung dalam mempermudah transportasi ke Karimunjawa.

Riyan pun juga mengapresiasi kepada Pelni dan bahari Expres yang telah memberikan dukungan penuh dalam uji coba tersebut. “Dengan inovasi dan terobosan yang luar biasa ini kita berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Serta dengan penambahan dan peningkatan fasilitas transportasi yang lebih mudah. Tentunya akan semakin memajukan Karimunjawa,” harapnya.

Semantara itu, Kepala UPP Legok Bajak Manager Pelni Pusat Verriyawan juga menyambut baik ujicoba tersebut. Ini adalah sebuah kemajuan untuk transportasi di Karimunjawa, semoga dengan bersandarnya Kapal Pelni Kelimutu ini. Akan bisa meningkatkankan kunjungan wisata juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat Karimunjawa.

“Hal ini adalah kemajuan yang patut diapresiasi, sehingga bisa meminimalisir resiko demi menjamin keselamatan transportasi. Yang selama ini Kapal Motor Pelni Kelimutu, tidak bisa bersandar di pelabuhan yang ada di Karimunjawa ini, sehingga harus melangsir penumpang dengan perahu. Namun sekarang penumpang bisa langsung mendarat tanpa harus dilansir,” terangnya. (Novi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *