Warga Desa Macan Putih Gelar Pesta Adat Geredoan Bersama Partai Demokrat

ANALISAPUBLIK.COM | Banyuwangi – Berbeda dengan acara ditahun-tahun sebelumnya, dalam acara tradisi ‘Pesta Adat Geredoan’ kali ini, masyarakat Desa Macan Putih Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, melalui panitia penyelenggara, bekerjasama dengan Partai Demokrat Banyuwangi guna mensukseskan perlehatan tradisi yang digelar Sabtu malam (8/12/2018).

Wajar saja, mengapa panitia kegiatan menggandeng Partai Demokrat, karena belakangan ini, Desa Macan Putih merupakan basis massa Partai berlogo Mercy besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mantan Presiden Indonesia ke-6.

“Acara Geredoan ini murni acara tradisi yang selalu digelar setiap tahun oleh masyarakat Desa Macan Putih dalam memperingati Kelahiran Nabi Muhammad SAW (Maulid Nabi), sehingga dalam acara ini tidak ada kepentingan politik ataupun kepentingan lainnya,” ungkap Bagus Sudibyo, selaku ketua panitia penyelenggaran Geredoan.

Lebih lanjut, Bagus menjelaskan mengapa pihak panitia menggandeng Partai Demokrat, karena menurutnya selain masyarakat sudah akrab dengan partai Nomor 14 ini, Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi, sangat mendukung dalam acara-acara yang melestarikan tradisi asli masyarakat Banyuwangi.

“Kita semua tau bila bapak Michael sangat berantusias pada kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk melestarian kebudayaan dan tradisi Banyuwangi,” imbuhnya.

Selanjutnya, dikonfirmasi terpisah, Michael Edy Hariyanto, SH, selaku ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi mengungkapkan rasa terimaksihnya kepada semua warga Desa Macan Putih.

“Terimaksih untuk panitia dan semua masyarakat di macan putih, sudah mau memberi kesempatan dan menggandeng partai yang saya pimpin dalam acara Geredoan ini. Saya hadir bukan dalam rangka kampanye politik, tapi karena kecintaan saya terhadap tradisi asli banyuwangi,” kata pria yang juga dikenal sebagai pengusaha kelas kakap di Bumi Blambangan ini.

Michael berharap, lanjutnya, semoga ditahun-tahun yang akan datang tradisi warisan leluhur ini bisa menjadi lebih meriah lagi dari yang sebelum-sebelumnya. Karena kegiatan ini selain untuk hiburan rakyat, juga untuk mempererat tali persaudaraan antar warga,” tambahnya disela-sela acara dengan didampingi Eka Santi Irama dan pengurus Demokrat lainnya.

Seperti diketahui, Geredoan merupakan kegiatan yang digunakan sebagai ajang mencari pendamping/pasangan hidup oleh para muda mudi desa setempat.

Dalam kegiatan ini, setiap Rukun Tetangga (RT) membuat patung Judang/Tapekong minimal 1 patung sebagai simbol pewatalak dan sifat prilaku manusia, yang kemudian dibawa berkeliling desa dengan rasa penuh suka cita.

Puluhan ribu warga Desa Macan Putih, mulai dari anak-anak sampai orang tua berkumpul memenuhi pinggir jalan sepanjang utama desa. (Bud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *