1000 Siswa SMK se-Aceh di Sertifikasi

ANALISAPUBLIK.COM | Banda Aceh – Sebanyak seribu siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Propinsi Aceh dalam rangka meningkatkan peran pendidikan kejuruan untuk menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan kerja.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Aceh Syaridin, S.Pd, M.Pd, kepada media ini, Sabtu (8/12). Ia mengatakan, untuk mewujudkan hal tersebut, maka Dinas Pendidikan Aceh melakukan sertifikasi terhadap 1000 siswa SMK melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang ditunjuk, hal ini dilakukan guna mencari siswa-siswi yang berkualitas dan berkompeten.

Syaridin mengatakan, tahun ini Disdik Aceh menggandeng beberapa LSP yang ada di Indonesia dengan menghadirkan tenaga-tenaga Asesor yang berkompeten dibidangnya

Kegiatan sertifikasi 1000 siswa SMK ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa-siswi SMK Aceh yang berkualitas sesuai dengan jurusan dan skills yang dia miliki, agar lulusan SMK nantinya dapat mengisi dunia usaha dan industri baik dalam maupun luar negeri sesuai dengan kemampuan dan sertifikat yang mereka miliki, ujarnya

“Hal ini dalam rangka menyahuti tuntutan INPRES No. 9 Tahun 2016 tentang revitalisasi SMK dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing SDM manakala memasuki dunia usaha. Karena siswa SMK adalah bagian dari calon tenaga kerja yang kompeten,” ungkapnya.

Lanjut Syaridin, program ini akan sangat bermanfaat bagi siswa, karena dengan adanya sertifikat dari LSP yang mereka miliki, nantinya siswa tersebut akan mendapatkan ijazah dan sertifikat yang menyatakan bahwa dia benar-benar kompeten sehingga dunia usaha dan bisnis akan lebih mudah untuk menerima mereka dan siap bersaing di era MEA.

Sementara itu Kepala Bidang Pembinaan SMK T. Miftahuddin, S.Pd. M.Pd mengatakan kegiatan sertifikasi 1000 siswa SMK ini diselenggarakan secara maraton sejak tanggal 1 hingga 10 Desember 2018 yang dipusatkan di 8 Kabupaten/Kota, tahun ini hanya 5 jurusan yang dapat dilakukan sertifikasi yaitu; jurusan Farmasi, Pariwisata, Teknik Sepeda Motor (TSM), Kendaraan Ringan Otomotif dan Jurusan Akuntansi. (Ismail)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *