Balita Tanpa Saluran Feses Akan Dirujuk ke RS Adam Malik Untuk Operasi

Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal akan menanggung biaya operasi.

ANALISAPUBLIK.COM | Mandailing Natal – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mandailing Natal dr. Syaripuddin cek kondisi balita tanpa saluran feses di Puskesmas Gunung Baringin kecamatan Panyabungan Timur, Rabu (26/12/18).

Balita yang bernama Mufidatul Zahwa (1,7) anak dari seorang ibu dari kelurahan Gunung Baringin tersebut. Saat dilakukan pengecekan langsung oleh Kadis Kesehatan, dalam kondisi sehat.

Sebelumnya dikabarkan bahwa balita yang lahir tanpa saluran feses ini akan ditanggung biaya perobatannya oleh Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal melalui Dinas Kesehatan, sehingga fisik tubuh si anak normal kembali seperti anak-anak yang lain, namun hal ini sempat tertunda dikarenakan usia anak masih belum bisa dilakukan operasi menurut dokter kala itu di salah satu rumah sakit di Medan.

Bupati Mandailing Natal Drs. Dahlan Hasan Nasution mendengar kondisi anak tersebut, langsung menginstruksikan kepada Kepala Dinas Kesehatan untuk melakukan tindak lanjut penanganan operasi terhadap anak tersebut.

Selanjutnya Kadis melakukan pengecekan kesehatan anak tersebut di puskesmas Gunung Baringin.

dr. Syaripuddin merasa prihatin dengan kondisi balita ini, ia mengatakan bahwa balita ini akan kita rujuk ke Medan, “Saya merasa prihatin dengan kondisi anak ini tanpa saluran feses, hari ini kita akan lakukan pengecekkan kesehatan terhadap anak ini ke RSUD Panyabungan untuk diperiksa kondisinya, kemudian selanjutnya akan kita rujuk ke Rumah Sakit Adam Malik Medan untuk dilakukan observasi dan tindakan operasi dengan biaya ditanggung oleh pemerintah, sehingga fisik si anak tersebut sempurna seperti anak – anak yang lain,” ucapnya.

“Untuk pemberangkatan rujukan ke Medan kita menunggu kesepakatan dan kesiapan pihak keluarga, kapan harinya dan kami menunggu kabar selanjutnya dari pihak keluarga,” imbuhnya.

Ibu si anak Ijah mengungkapkan, “Dengan adanya kebijakan dari pemerintah Kabupaten Madina, saya merasa terbantu, karena kalau diharapkan dari biaya sendiri tidak akan cukup untuk membiayai operasi tersebut,” ungkapnya dengan nada lembut.

Kepala Puskesmas Gunung Baringin melalui Kepala Tata Usaha Subari Ikhsan mengatakan “Sejak dari kelahiran si anak sampai saat sekarang, petugas kami terus melakukan pengecekan kondisi kesehatannya, dan hari ini kami bersama pemerintah kecamatan akan berencana memberangkatkan anak ini ke Medan, mudah-mudahan operasinya nanti berjalan lancar, amin,” katanya.

Nampak terlihat hadir di Puskesmas saat itu Camat Panyabungan Timur Herwin, S.Si, Lurah Gunung Baringin Muklis, staff dan perawat puskesmas Gunung Baringin. (Rudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *