Bupati L. M Rajiun Puji Kinerja Kepala Badan Kesbangpol Dalam Penyelenggaraan Festival Pantun Modero

ANALISAPUBLIK.COM | Muna Barat – Bupati Muna Barat La Ode L.M.Rajiun Tumada puji kinerja Kepala Kesbangpol Kabupaten Mubar yang telah berhasil dalam penyelenggaraan dan membangun tradisi budaya dalam hal ini kegiatan Festival Pantun Modero.

Hal ini diungkapkan saat Rajiun mengukuhkan pembukaan festival pantun modero yang kedua yang dilaksanakan di Desa Ondoke Kec. Sawerigadi pada Kamis (28/13).

Kegiatan festival modero dan pantun ini yang mungkin hampir dilupakan seperti yang kita ketahui bersama kurang lebih 40 atau 50 tahun yang lalu,Olehnya itu kita angkat kembali budaya ini sebagai tradisi kita sebagai suku Muna.

Menurutnya, Kepala Kesbangpol La Ode Andimuna Sebagai tugas dan fungsi dan salah satu tugas pokoknya adalah ketahanan budaya karena ini dan senantiasa dalam rangka tidak terlepas membangun kembali budaya ini dengan mengadakan festival modero, “Maka dari itu saya sebagai Kepala Daerah mengapresiasi dan sangat luar biasa atas kinerjanya”, pujinya.

Hal ini dibuktikan bahwa orang tua kita rata-rata umur 70 sampai 80 tahun keatas itu masih nonton sampai 2 jam malam ini hal yg luar biasa karena merindukan masa-masa lalu, Ini kita coba angkat kepermukaan dan kita kembalikan ini sebagai wujud kita sebagai tradisi budaya Muna dan Mubar.

Hal ini tidak terlepas dari Lembaga adat dan dari gabungan semua tokoh masyarakat tokoh adat tokoh agama yang tergabung dalam lembaga adat Kab.Mubar saya sangat mengapresiasi juga karena selama kurang lebih 4 tahun saya memimpin daerah ini syukur Alhamdulillah atas keterlibatan lembaga adat bisa terselaikan persoal sebelum dibawa dirana hukum.

“Saya sangat terbantu sekali dari sisi sosial kemasyarakatan dialam rangka untuk menyelesaikan segala bentuk persoalan bukan hanya persoalan adat tetapi juga persoalan tanah perkawainan atau masalah lain ynag kemudian masih bisa diselesaikan oleh lembaga adat saya kira tuntas tidak ada persoalan yang dibawa dirana hukum yang berkepanjangan,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu Rajiun berterimakasih pada Kepala Badan Kesbangpol yang telah melaksanakan salah satu agenda Daerah kita yakni Festival modero dan pantun ini kita tetap laksanakan, Dan saya minta modero dan pantun terbuka Muna raya bukan hanya Muna Barat.

“Kita wujud nyatakan bahwa apresiasi tentang budaya masyarakat suku Muna betul-betul kita angkat kepermukaan lagi”, tutupnya. (La Ode Safarudin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *