Kapolres dan Bupati Sidak Harga Sembako di Pasar Gladak Kaliwungu dan Kendal

ANALISAPUBLIK.COM | Kendal – Menjelang pergantian Tahun baru 2019, Bupati Kendal bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan juga Kapolres Kendal melakukan sidak harga di pasar Kendal dan pasar Gladak Kaliwungu, Minggu (30/12/2018).

Dari hasil sidak harga daging ayam yang cenderung naik sepekan terakhir dari Rp. 30.000,00 naik menjadi Rp. 38.000,00 perkilogram. Padahal Kabupaten Kendal merupakan pemasok daging Ayam potong dan ayam petelur.

Pedagang ayam sayur Trisna mengaku saat ini harga daging ayam terus melonjak bahkan banyak penjual mie ayam yang mengeluh karena harga daging ayam naik sementara ia harus menjual mie ayam dengan harga biasa. Sehingga para penjual mie ayam terpaksa harus mengurangi porsi daging ayam daripada menaikkan harga.

Trisna mengaku dengan naiknya harga daging ayam pendapatan terus turun sebab omsetnya juga turun karena keterbatasan barang.

Hal senada disampaikan Miskanah kalau stok sedikit tapi harga terus naik. Namun tidak tahu kalau habis tahun baru harga bisa stabil lagi.

Kanah salah satu pembeli daging ayam biasanya ia beli dua sampai lima kilogram tiap hari. Karena harga naik ia hanya membeli satu setengah kilogram daging ayam.

Bupati Kendal Mirna Anisa berjanji tahun 2019 akan merubah sistem agar harga daging ayam bisa stabil. Selama ini dari peternak diterima pengepul baru didistribusikan pada distributor dan baru masuk ke pedagang pasar. Sehingga akan membuat mata rantai penjualan panjang dan menjadikan harga menjadi tinggi.

Bupati Kendal akan berkordinasi dengan dinas terkait sehingga dari peternak nantinya akan dipantau Dinas Perdagangan terkait masalah harga sehingga harga tidak berfariasi dan bisa stabil. (Novi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *