Dinas Pertanian Instruksikan PPL Untuk Merevisi Kepengurusan Kelompok Tani

ANALISAPUBLIK.COM | Gayo Lues – Berdasarkan intruksi Bupati Kabupaten Gayo Lues kepada Dinas Pertanian setempat dalam hal kepengurusan dan status kelompok tani di kabupaten Gayo Lues.

Hal ini menjadi salah satu agenda terpenting bagi Kadis Pertanian kabupaten Gayo Lues dan ini dibahas dalam rapat bulanan seluruh ASN Distan dengan para Kepala Bidang (Kabid) serta kepala Dinas pertanian, bertempat di Aula kantor tersebut, Selasa (08/01/18).

Dan dalam soal ini, Kepala Dinas Pertanian Zakaria S.Hut MP, menginstruksikan kepada para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) agar sesegera mungkin merevisi kepengurusan kelompok tani di setiap desa, yang ada di kabupaten Gayo Lues ini.

Untuk mendukung dan menjalankan program Pemerintah setempat dalam hal mensejahterakan masyarakat, Kepala Dinas Pertanian berharap agar PPL dapat secepatnya meperbaharui data dan kepengurusan kelompok tani.

Hal tersebut bertujuan apa bila kelompok Tani mendapat bantuan dari pemerintah melalui Dinas Pertanain supaya tepat sasaran dan betul-betul bisa dimanpaatkan oleh petani.

Dan nanti nya bila ada, yang akan menjabat sebagai pengurus kelompok tani harus mempunyai minimal ijazah SMA dan bukan seorang PNS ataupun perangkat desa.

Selain itu juga, Kadis Pertanian menghimbau jangan coba coba, ada oknum yang bermain dalam kelompok tani tersebut, apa lagi memperjual belikan bantuan ”hal itu tidak di benarkan, apa lagi menjadi kan kelompok tani sebagai ladang bisnis” katanya.

Dan dalam waktu dekat ini pihaknya akan menjalin MoU (kesepakatan) dengan pihak kepolisian, agar dalam pengawasan bantuan yang diterima oleh petani nantinya. “danJika ada yang menyalahgunakan bantuan tersebut, maka mereka akan berurusan dengan pihak berwajib/ penegak hukum” kata.

Insa Allah, Mulai tahun 2019. kelompok tani tidak hanya didampingi oleh PPL, namun Babinsa dan Babinkantibmas akan dilibatkan langsung dan membina kelompok tani di Desa atau tempat mereka bertugas. (Amin lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *