Sebagai Upaya Sejahterakan Masyarakat, Danlantamal V Resmikan Budidaya Sidat

ANALISAPUBLIK.COM | Cilacap – Sebagai upaya mensejahterakan masyarakat Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Laksamana Pertama TNI Edwin meresmikan kolam budidaya ikan Sidat pada Jum’at (11/1/ 2019l di komplek Rumah Dinas TNI AL, Desa Gumilir, Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Cilacap (Syamsul Auliya Rahman), pejabat Forkpimda, Direktur Teknik dan Operasional PT S2P (Irvan Rahmat), sejumlah Kepala OPD terkait, dan undangan lain.

Danlanal Kolonel Laut Cilacap Teguh Iman Wibowo mengatakan, pembuatan kolam ikan sidat ini memanfaatkan sebuah bangunan bekas gedung SPG Cilacap yang sudah lama terbengkalai di komplek Rumah Dinas TNI AL dan kini sudah direhab total dengan dalamnya sudah dibangun 10 kolam dengan kapasitas 1.000 ekor ikan sidat/ kolam.

“Kami bekerjasama dengan PT Sumber Segara Primadaya PLTU Karang Kandri sebagai upaya kami turut serta menyejahterakan masyarakat melalui budidaya Sidat, Selain itu di tempat ini juga telah dilengkapi taman bacaan dan taman bermain untuk menanamkan cinta buku bagi anak-anak sedini mungkin,” katanya.

Danlantamal V TNI AL Laksamana Pertama TNI Edwin juga menambahkan, budidaya ikan Sidat merupakan program TNI AL, Sidat Wangi dalam upaya turut mencerdaskan anak bangsa.

“Ikan Sidat memiliki kandungan protein dan DHA yang sangat tinggi sehingga baik untuk konsumsi pribadi dan dapat meningkatkan kecerdasan anak selain itu dibandingkan dengan ikan Salmon harganya terbilang lebih terjangkau ikan sidat,” tambahnya.

“Selain itu Ikan Sidat merupakan komoditas ekspor yang sangat diminati dan tentu bisa menyejahterakan masyarakat,” lanjutnya.

Danlantamal juga menjelaskan bahwa Ikan Sidat adalah fauna khas Cilacap yang juga bisa menjadi alternatif kegiatan para nelayan saat tidak melaut karena cuaca atau sepinya hasil tangkapan.

Melalui hasil koordinasi dengan Pemkab Cilacap nantinya akan dibuat regulasi bagi pembudidaya agar 10 persen ikan Sidat dari hasil budidaya dilepas liarkan ke laut agar terjadi keseimbangan.

“Untuk itu pihaknya berharap ke depan program ini bisa dikembangkan menjadi pusat pelatihan budidaya ikan Sidat,” terangnya.

Selain meresmikan budidaya ikan sidat, Danlantamal juga meresmikan taman bacaan dan bermain ‘Adhika Jala Persada’ yang bekerjasama dengan Dinas Kearsipan dan Perpusda Cilacap. (M. Hasan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *