BPJS Kesehatan Perbaharui  Kerjasama FKTP, Guna Peningkatan Mutu Pelayanan

ANALISAPUBLIK.COM | Biak Numfor – BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor kembali melakukan penandatangan perjanjian kerjasama dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) Kabupaten Biak dan Kabupaten Supiori, Sabtu (12/01/2019) di gedung Asia Biak.

Seluruh FKTP tersebut terdiri dari 24 Puskesmas, 7 Dokter Praktek Perorangan (DPP), 6 Klinik TNI, 1 Klinik Polri, 1 RSUD D Pratama dan 1 Apotik. Sedangkan untuk FKRTL terdiri dari 2 Rumah Sakit dan 1 Apotik.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor Budi Sukwara mengatakan, perjanjian kerjasama ini merupakan kesepakatan BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor dengan fasilitas Kesehatan yang masih memenuhi syarat untuk bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan fasilitas Kesehatan dalam Penyelenggaraan program JKN-KIS.

“Kami berterima kasih atas dukungan dan kerjasama fasilitas kesehatan yang telah menjadi mitra BPJS Kesehatan selama ini. Semoga dengan adanya perjanjian kerjasama ini Fasilitas Kesehatan dapat terus meningkatkan kinerjanya secara berkala dan berkesinambungan serta dapat memberikan pelayanan yang bermutu dan berkualitas kepada peserta Program JKN-KIS sesuai ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Budi menjelaskan, dalam proses pembaruan kontrak kerjasama Fasilitas Kesehatan di Tahun 2019 tersebut, sebelumnya telah dilakukan evaluasi terhadap fasilitas kesehatan melalui kredensialing maupun rekredensialing. Hal ini dilakukan karena BPJS Kesehatan selektif dalam memilih fasilitas kesehatan yang berkualitas, sehingga pelayanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dapat diberikan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

“Proses kredensialing atau rekredensialing yang kami lakukan ini juga melibatkan Dinas Kesehatan dan Asosiasi Fasilitas Kesehatan serta organisasi profesi (IDI,PDGI),’’ tuturnya.

Dalam penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut juga disampaikan pula regulasi terbaru yaitu Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 dan menekankan kepada seluruh FKTP maupun FKRTL Mitra BPJS kesehatan agar turut menyosialisasikan regulasi baru tersebut.

“Kami juga mengingatkan kembali tentang regulasi terbaru yaitu Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018, harapannya fasilitas kesehatan juga ikut mensosialisasikan kepada peserta, jadi tidak hanya tugas dan tanggung jawab BPJS Kesehatan saja, namun tugas kita bersama,”ungkapnya.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Supiori Marinus Maryar, dengan adanya penandatanganan kerjasama tersebut, Ia berharap seluruh fasilitas kesehatan dapat berkomitmen memberikan pelayanan optimal kepada peserta JKN-KIS sesuai dengan prosedur pelayanan yang ditentukan tanpa pembedaan dengan pasien umum.

“Kami berterima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor yang sudah melakukan penandatanganan kerjasama dengan kami, dengan adanya komitmen ini, kami akan saling bergandeng tangan untuk membawa pelayanan kesehatan, baik itu pasien, pelayanan umum di FKTP dan FKRTL bisa lebih baik lagi kedepannya dan juga semua aturan yang telah berikan oleh BPJS Kesehatan dapat kami laksanakan sesuai dengan aturan-aturan yang ada,” tutup Marinus. (JER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *