Ketua KPU Kab. Mubar : Harapkan Capaian Partisipasi Pemilih di Pemilu Mendatang Diatas Target

ANALISAPUBLIK.COM | Muna Barat – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara mengharapkan jumlah partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 yang akan berlangsung 17 April mendatang mencapai 83, 6 persen. Raihan itu sama dengan angka partisipasi pemilih saat gelaran pemilihan bupati Mubar tahun 2017 lalu.

Ketua KPU Mubar Awaludin Usa, mengatakan untuk mencapai angka partisipasi pemilih sebanyak itu, pihaknya gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat pemilih yang ada di Mubar.

“Sosialisasi ke masyarakat intens dilakukan. Seluruh penyelenggara ditingkat kecamatan dan desa turun lapangan untuk kegiatan dimaksud. Out put dari sosialisasi tersebut ialah partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 di Mubar menembus angka 83,6 persen,” katanya.

“Kita sangat berharap prestasi ketika pemilihan bupati 2017 silam kembali terulang pada Pemilu 2019 ini”, ujar Awaludin saat ditemui di kantornya, Jumat (11/1/19).

Menurutnya partisipasi pemilih dengan persentase 83,6 persen ini sudah menjadi target lembaganya. “Dari awal kita targetkan partisipasi pemilih di Mubar melebihi target yakni 77, 5 persen. Mudah-mudahan target tersebut bisa terwujud,” harapnya.

Lanjutnya, untuk merealisasikan harapan itu pihaknya dalam waktu dekat akan membentuk relawan demokrasi (Relasi). Relasi ini nantinya akan bekerja mensosialisasikan perihal kepemiluan terhadap 10 basis yang ada dimasyarakat.

“Salah satu yang ingin dicapai dari sosialisasi itu adalah partisipasi pemilih meningkat. Tim Relasi ini akan membidik pemilih marginal, pemilih muda, pemilih berkebutuhan khusus, pemilih perempuan dan lainnya,” lanjutnya.

Selain itu kita juga akan menggelar iven dengan tujuan dapat menyedot masyarakat untuk hadir di acara tersebut. Lewat acara ini kita akan menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan pemilu termasuk mengajak warga menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara ((TPS).

“Sejak terbentuk menjadi daerah otonom baru (DOB) pada tahun 2014 lalu, Kabupaten Muna Barat sudah melakukan dua kali pemilihan yakni pemilihan bupati Mubar tahun 2017 dan pemilihan gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2018,” ulasnya.

Untuk diketahui pada pemilihan bupati, partisipasi pemilih di Mubar berada dilevel 83,6 persen. Namun sayang saat pemilihan gubernur Sultra setahun sesudahnya persentasenya menurun hingga 69,7 persen.

“Olehnya itu pada pemilu tahun ini pihak KPUD Mubar kembali berikhtiar agar capaian partisipasi pemilih sewaktu pilbup dua tahun lalu kembali diraih”, pungkasnya. (La Ode Safarudin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *