TNI AU Bentuk 1 Skuadron Angkut Ringan di Biak

ANALISAPUBLIK.COM | Biak Numfor – TNI Angkatan Udara LANUD Manuhua Biak dalam waktu dekat akan bentuk satu Skuadron angkut ringan di Biak.

Komandan Pangkalan Udara Manuhua Biak Papua Marsekal Pertama (Marsma) TNI Fajar Adriyanto, mengatakan dengan kehadiran Skuadron pesawat CN 295 di Kabupaten Biak Numfor diharapkan dapat mendukung kelancaran angkutan udara untuk menunjang pelayanan roda perekonomian masyarakat di Biak.

“Di awal tahun, tanggal 2 Januari 2019, sudah saya ditipikalkan atau dibawah kendali satu pesawat buatan Indonesia tipe CN 295 yang sudah mulai beroperasi untuk membantu masyarakat,” kata Danlanud, Jumat (8/2/2019).

Pesawat bermesin dua ini mampu mengangkut 6 ton kargo, atau 50 penumpang, atau 18 paratroop atau 18 tandu.tergantung misi yang sedang diembannya.

Danlanud mengatakan, selain pembentukan skadron angkut ringan dalam membantu aktifitas penerbangan di Lanud Manuhua Biak dan masyarakat, juga akan di resmikan Skadron 27.

“Insya Allah, Mei 2019 akan diresmikan. Skadron Udara 27 ini, akan dilengkapi dengan pesawat angkut medium CN-235 yang saat ini bersama C-295 sebanyak 3 sampai 4 pesawat dilengkapi dengan 100 orang prajurit dari Jakarta,” tandasnya. (JER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *