Pentingnya Penguatan Pendidikan Karakter untuk Siswa Sekolah Dasar

ANALISAPUBLIK.COM | Sidoarjo – Makin derasnya arus dan pengaruh teknologi dalam kehidupan sehari-hari, serta dampak teknologi tentunya lebih terasa di era sekarang. Untuk mengarungi semua itu perlu Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) ini adalah upaya pemerintah, terutamanya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan pendidikan moral dan akhlak.

Dari dasar tersebut diatas, SDN Semambung Kecamatan Wonoayu terapkan hal tersebut agar anak didiknya bisa menjalani dikehidupan baik saat disekolah maupun di lingkungan rumah.

Kepala SDN Semambung Muhamad Ayub, S.Pd, M.Pd dikantornya Sabtu (9/2) mengatakan. “Tujuan dari PPK ini yaitu untuk membentuk pribadi siswa agar menjadi yang lebih baik dan siap untuk bersaing di era yang sangat global dengan caranya yang lebih kontektual. Ada beberapa nilai untuk siswa sekolah dasar yang dikuatkan oleh PPK yaitu Nasionalis, Religius, Mandiri, Gotong Royong/lingkungan, dan Integritas,” katanya.

Lanjut Ayub, “Penguatan Pendidikan Karakter bagi siswa sekolah dasar ini banyak dampak positifnya yakni siswa punya pemikiran yang fleksibel, mempunyai hubungan baik, mampu menunjukan sisi emosional, sosial dan empati. Selain itu, pendidikan berkarakter ini agar siswa nantinya bisa mempunyai watak dan berguna bagi masa depannya,” ujarnya.

“Kesemua itu juga harus ada kerja sama yang baik antar pihak sekolah, keluarga, dan masyarakat agar pendidikan berkarakter berjalan baik dan dapat menjadikaan perkembangan karakter yang optimal bagi siswa,” pungkasnya. (HERI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *