Kementerian ESDM Realisasi 8 Bantuan Sumur Bor

ANALISAPUBLIK.COM | Biak Numfor – Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyerahkan bantuan sumur bor untuk mencukupi kebutuhan air bersih di tiga kabupaten dan satu kota di Provinsi Papua.

Penyerahan sumur bor air bersih yang merupakan program Badan Geologi Kementrian ESDM Tahun 2018, dilakukan secara simbolis di pusatkan di kabupaten Biak Numfor, Kampung Inggiri, Distrik Biak Kota, Senin (11/2) oleh tenaga ahli Kementerian ESDM Bidang EBTKE Ir. Faisal. Rahardian.

“Ada delapan unit yang dibangun tahun 2018 ini di Papua, yakni di Kabupaten Biak Numfor sebanyak 4 unit, Kabupaten Keerom 2 unit, Kabupaten Jayapura 1 unit dan 1 unit sumur bor air bersih di Kota Jayapura,” katanya.

Bantuan ini diberikan dengan spesifikasi bor dengan kedalaman 150 meter, debit 2,5 liter / detik, konstruksi pipa besi galvanis diameter 6 inchi, pasokan listrik genset kapasitas 12 KVA, pompa memiliki kekuatan 2,99 PK, bak penampungan air berkapasitas 5.000 liter, dilengkapi dengan rumah genset, rumah pompa dan diperkirakan setiap sumur bor mampu melayani kebutuhan air bersih sampai dengan 2.340 jiwa. Jika ditotal, bantuan ini bisa melayani 18.720 jiwa di tiga kabupaten dan satu kota

Tenaga ahli Faisal Rahardian, menjelaskan, bantuan ini merupakan komitmen nyata Kementrian bersama Pemkab, dan wakil rakyat untuk selalu pro terhadap kesejahteraan masyarakat.

Salah satunya, kata dia, yakni dengan pengentasan daerah sulit air bersih melalui pengeboran air tanah dalam. Ia menyebutkan, ini dilakukan di seluruh Indonesia. Untuk tahun ini, Kementerian ESDM membangun 506 sumur bor. Di Provinsi Papua sendiri terdapat 18 unit yang telah dibangun.

“Program ini sebenarnya sudah lama, dan tiap tahun kami tambah jumlahnya. Jika ditotal, sejak tahun 2005 – 2018 ada 2.288 unit sumur bor, untuk 6,6 juta jiwa. Harapan kami persoalan kesulitan air bersih bisa teratasi dengan bantuan sumur bor ini,” katanya.

Sementara itu, Asisten II Setda Biak Numfor, Ferry Bettay, saat membacakan sambutan tertulis Plt Bupati Biak mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan sehingga masyarakat dapat mengakses sarana air bersih dengan mudah didapatkan. Masyarakat diiharapkan untuk menjaga, merawat dan dimanfaatkan dengan baik.

Komisi VII DPR RI sedang mendorong program Kementerian ESDM untuk membangun sarana air bersih untuk keberlangsungan hidup masyarakat, ungkap Toni Wardoyo salah satu anggota DPR RI Komisi VII.

“Kami sudah meminta kepada Kementrian ESDM untuk memberikan gambaran baru untuk program pembangunan air bersih ini ke depan”, kata Wardoyo. (JER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *