KPU Biak Numfor Rakit 2.529 Unit Kotak Suara

ANALISAPUBLIK.COM | Biak Numfor – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor, Papua sudah merampungkan perakitan kotak suara sebanyak 2.529 unit untuk Pemilu 2019.

Ketua KPU Kabupaten Biak Numfor Jackson S Maryen mengatakan, perakitan kotak suara telah diselesaikan di gudang logistik milik KPU.

Setelah dirakit, kotak suara berbahan kardus ini akan disimpan di gudang logistik sebelum disebarkan ke tempat pemungutan suara (TPS). “Sambil dihitung langsung merakit, kita cek apakah jumlah pas atau ada yang rusak. Perakitannya mungkin selesai sampai dua sampai tiga hari,” kata Jakson yang ditemui di kantornya Senin (11/2)

“Kualitas kotak suara karton yang dipakai saat Pemilu serentak tetap terjamin keamanan, independensi, dan kerahasiaannya,” ujarnya.

Jakson menyampaikan, setelah merakit kotak suaranya langsung ditempel tanda kotak suaranya. Setiap kotak suara ditempel stiker, untuk kotak suara Pemilihan Presiden ditempel stiker warna abu-abu, DPR RI stiker warna kuning, DPD RI stiker warna merah, DPRD Provinsi stiker warna kuning, sedangkan untuk DPRD Kabupaten/Kota ditempel warna hijau. “Setelah dirakit langsung kita beri tandanya stiker di setiap kotak suara,” katanya.

Menyinggung distribusi surat suara Pemilu serentak, menurut Jackson Maryen, hingga saat ini khusus untuk surat suara Pemilu pasangan calon Presiden/Wapres, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota belum tiba di Biak karena menunggu pengiriman dari KPU Pusat.

Untuk logistik Pemilu serentak Tahun 2019 ungkap Jackson, KPU Biak telah menerima kotak suara, bilik suara sebanyak 1.856 buah,segel 49.456 buah, tinta 936 botol dan alat kelengkapan satu paket. (Jefri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *