Bupati Mursil Bersama Tim Sergap Laksanakan Panen Padi Perdana

ANALISAPUBLIK.COM | Aceh Tamiang – Bupati Aceh Tamiang Mursil, SH, M.Kn., mendampingi kunjungan kerja Tim Sterad (Staf Teritorial Angkatan Darat) dalam rangka pengawasan serapan gabah petani (Sergap) dan peninjauan panen perdana di wilayah Kodim 0117/Aceh Tamiang pada Selasa (12/2).

Kegiatan berlangsung siang pukul 14.00 wib berlokasi di areal persawahan Kelompoktani Maju Bersama Kampung Air Tenang Kecamatan Karang Baru.

Komandan Kodim 0117/ATAM menjelaskan dalam pidatonya bahwa Kabupaten Aceh Tamiang memiliki 9.018,27 ha. Keseluruhan sawah berkategori sebagai sawah tadah hujan, sehingga sangat tergantung dari curah hujan untuk pengairannya. Sebagian memang menggunakan mesin pompa untuk mengairi sawahnya, namun hanya dalam jumlah kecil. pihaknya juga ingin membantu petani sebisa mungkin.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Asisten Pemerintahan Setdakab Aceh Tamiang Mix Donal, SH., Camat karang Baru Zulfiqar, SP., pejabat Perum Bulog Divre 1 Sumatera, Perwakilan BPS, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Safuan, SP.,juga tim yang terdiri dari Kolonel Inf. Agus Firman Yumono, S.IP, M.Si, Kolonel Inf. Mohammad Yamin Dano, Kolonel Inf. I Gusti Agung Adhiputra.

Bupati Aceh Tamiang juga mengucapkan syukur atas keadaan pertanaman padi tahun ini di Kabupaten Aceh Tamiang. Beliau mengaku tengah berbahagia karena mengetahui bahwa pada musim tanam kali ini tidak ada areal pertanaman yang terancam gagal panen.

“Alhamdulillah, pertanaman padi musim ini bagus. Insyaallah areal pertanaman yang ada akan panen semua”, ujar Bupati sambil tersenyum dan Menurut beliau, ini semua merupakan berkah Allah, salah satuntya dari sholat berjamaah yang senantiasa digerakan bersama unsur Forkopimda.

Bupati juga mengapresiasi kerja-kerja Penyuluh Pertanian Lapangan bersama petani dan Babinsa yang sudah bersinergi dengan baik untuk peningkatan produksi bahan pangan utama negeri kita. Beliau juga mengharapkan supaya para Penyuluh Pertanian Lapangan terus mendampingi petani supaya produktivitas pertanian menjadi semakin baik.

Ketua Tim Sergap Kolonel Inf. Agus Firman Yumono menyampaikan rasa bangganya karena memiliki Pimpinan dengan Program Syariat Islam yang sederhana namun konkrit seperti menerapkan sholat berjamaah.

“Untuk memperbaiki budaya keislaman masyarakat, perlu langkah nyata sebagaimana yang dicontohkan langsung oleh Bupati,” kata Agus.

Kunjungan Tim Sergap ke Aceh Tamiang merupakan wujud keseriusan TNI membantu peningkatan produksi bahan pangan seperti padi.

“Tim Sergap Aceh pernah mendapat juara 2 tingkat nasional pada 2017 yang lalu. Untuk itu, Agus menegaskan perlu menjaga sinergitas antara TNI, Pemda dan Bulog untuk menjaga keamanan pangan kita. Setelah bertatap muka bersama petani setempat, Bupati bersama Dandim, Tim Sergap TNI AD berkesempatan melakukan pemanenan padi perdana,” tambahnya. (Chan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *