Kepala BPHN Resmikan 42 Desa Sadar Hukum

ANALISAPUBLIK.COM | Aceh Tamiang – Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional Kemenkumham RI, Prof. Dr. HR. Benny Riyanto, SH, M.Hum, CN., bersama Bupati Aceh Tamiang Mursil, SH, M.Kn., meresmikan 42 Desa Sadar Hukum, Mengukuhan Komunitas Pemuda Pelajar Pegiat HAM (Koppeta HAM) SMKN 1 Kualasimpang dan Penandatanganan Kerja Sama antara Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh dengan Bupati Aceh Tamiang pada Senin (11/2).

Penyerahan Piagam Anubhawa sasana Desa sadar hukum oleh Kakanwil Menkumham Aceh kepada Gubernur Aceh dan Bupati Kab. Aceh Tamiang dan dilanjutkan Pengalungan medali kepada Desa sadar hukum dan kepada Camat, para Datok Penghulu oleh kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementrian hukum dan Ham RI diantaranya:

1.Kecamatan Manyak payed : Kampung Matang Ara Jawa, Tanjung Neraca, Kampung Mesjid, Pahlawan.

2.Kecamatan Karang Baru :

Kampung Tanjung semantoh, johar, Paya we dan Paya meta.

3.Kecamatan Bendahara: Kampung Kuala Genting,

Upah, Tanjung Lipat, Kampung Balai.

4.Kecamatan seruway : Sungai Kuruk 1, Pantai Balai, Tangsi Lama, Gedung Biara.

5.Kecamatan Rantau : kampung Jamur Labu, Suka Mulia, Jamur Jelatang, Suka Jadi.

6.Kecamatan kejuruan muda: Kampung Sidodadi, Sungai Liput, Purwodadi, Kampung Jawa.

7.Kecamatan Kuala Simpang : Bukit Tempurung, Kota lintang, Sriwijaya.

8.Kecamatan Bandar Pusaka : Aras Sembilan, Serba dan Jambo rambong.

9.Kecamatan Banda Mulia : Kampung Suka Damai, Suka Mulia Upah dan Suka Jadi.

10.Kecamatan Tenggulon : kampung Rimba Sawang, Tebing Tinggi dan kampung Selamat.

11.Kecamatan Sekerak :

Kampung Bandar Mahligai, Sekerak Kanan, Lubuk Sidup.

12.Kecamatan Tamiang Hulu : Alur Tani I, Bandar Khalifah dan Wonosari.

Pengalungan Medali Desa sadar hukum kepada Camat dan para Datok Penghulu oleh Kepala BPHN Kementrian hukum dan Ham dan Pengukuhan komunitas pelajar pegiat hak asasi manusia (KOPPETA HAM) kabupaten Aceh Tamiang tahun 2019. Serta Penyerahan surat keputusan dan Penyerahan Piagam penghargaan kepada SMKN 1 kuala Simpang.

Peresmian Desa sadar hukum ditandai dengan pembubuhan paraf Prasasti Anubhawa Sasana desa oleh kepala BPHN kemenkumham RI.

Kakanwil Kemenkumham Aceh Agus Toyib, Bc.IP., SH, MH, menjelaskan maksud dan tujuan penyelenggaraan kegiatan ini ialah mewujudkan masyarakat cerdas hukum, sadar hukum untuk kemudian patuh pada hukum tanpa paksaan.

Salah satu acuan dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Peraturan Kepala BPHN Nomor HN. 03.05-73 Tahun 2008 tentang pembentukan dan pembinaan keluarga sadar hukum dan desa/keluharan sadar hukum.

Dalam sambutan Gubernur Aceh yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Keistimewaan Aceh, Dr. M. Jafar, SH, M. Hum., Pemerintah Aceh secara khusus memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang mau mengambil inisiatif untuk pendukung kegiatan Desa Sadar Hukum sampai dengan peresmiannya pada hari ini.

“Saya berharap berbagai Kabupaten atau Kota di Aceh dapat hendaknya mengikuti langkah yang sudah diambil oleh Pemkab Aceh Tamiang,” katanya.

Dijelaskannya bahwa kampung yang telah ditetapkan menjadi Desa Sadar Hukum di Kabupaten Aceh Tamiang tergolong kampung yang memiliki tingkat kesadaran hukum yang sangat tinggi dan memiliki bobot skor di atas 140. Oleh karena itu, penetapan Desa Sadar Hukum yang diraih ini diharapkan dapat dijadikan percontohan bagi Kampung-kampung lainnya dalam meningkatkan dan mewujudkan kesadaran hukum di lingkungan masyarakat

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penandatangan kerjasama antara Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Aceh dengan Bupati Aceh Tamiang disaksikan oleh Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementrian Hukum dan HAM RI dan Asisten Pemerintahan dan Keistimewaan Aceh mewakili Plt. Gubernur Aceh.

Kegiatan dihadiri Kepala BPHN Prof DR. H.R. Benny Riyanto, S.H, M.Hum, C.N, Plh. Gubernur Prov. Aceh diwakili oleh Asisten Pembangunan dan Keistimewaan Aceh Dr. M. Fajar, Bupati Kab. Atam H. Mursil, SH, M.Kn, Wakil Bupati Kab. Atam H.T. Insyafuddin.ST, Wakil Ketua DPRK Kab. Atam Nora Idah Nita, SE, Dandim 0117/ Atam diwakili Kasdim 0117/ Atam Mayor Inf A.Yani, Kapolres Kab. Atam AKBP Zulhir Destrian, SIK, MM, Sekda Kab. Atam H. Basyaruddin SH, Kajari Kab Atam Irwinsyah, SH, Kajari Kab. Atim Basudi, Bc, IP, Spd, Para Anggota DPRK Kab. Atam, Para Asisten Pemkàb. Atam, Kadiv Administrasi Kakanwil kemenkumham Aceh, Rudi Hartono, S.H, M.Si, Kadiv Yankumham Kakanwil kemenkumham Aceh Sasmita S.H, Ketua MAA Kab. Atam Abdul. Muin, Ketua MPU Kab. Atam Drs. H. Ilyas Mustawa, Kabag Umum Sekdakab Atam Rafeii, Kabag Hukum sekdakab Atam Ramadhan, S.H, Seluruh Camat sekabupaten Aceh Tamiang, 42 Datok se kabupaten Aceh Tamiang, Perwakilan beberapa Siswa/siswi SMK Negeri 1 Kuala Simpang. (Chan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *