Tingkatkan Profesionalisme Dalam Mengelola Perpustakaan

ANALISAPUBLIK.COM | Aceh Tamiang – Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang Basyaruddin, SH, mewakili Bupati membuka acara sosialisasi penyuluhan sekolah yang dilaksanakan oleh Bagian Perputakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Tamiang di Hotel Grand Arya pada Selasa pagi (12/2).

Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh 50 orang peserta, terdiri dari pengurus perpustakaan di sekolah yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang dan dihadiri oleh Kabag Perpustakaan dan Kearsipan Setdakab Aceh Tamiang Laila Hidayati, Ketua MPD, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nur, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, para Kepala Bagian Setdakab, serta para pengurus perpustakaan sekolah, dan para fasilitator.

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah menyampaikan, selama ini Perpustakaan hanya dikenal sebagai kumpulan buku-buku, sedangkan fungsi lain perpustakaan seperti fungsi penelitian, fungsi budaya maupun fungsi rekreasi belum banyak dikenal masyarakat. Inilah penyebab sehingga ketertarikan masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan masih jauh dari harapan.

“Perpustakaan memiliki peranan yang signifikan untuk mendukung gemar membaca dan meningkatkan literasi informasi. Karena pada dasarnya minat kunjung ke perpustakaan bisa terstimuli dan bangkit bila ada rasa ketertarikan. Dengan demikian strategi sangat penting diterapkan oleh perpustakaan, baik dalam hal layanan, sarana dan prasarana,” katanya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Aceh Dr. Wildan, M.Pd, mengatakan saat ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Aceh telah meluncurkan aplikasi perpustakaan berbasis android. “Ini merupakan Program teknologi kekinian untuk mendekatkan perpustakaan kepada generasi milenial dengan menggunakan aplikasi,” ujar Wildan.

Wildan berharap keluaran sosialisasi menjadi corong penyampaian informasi kepada masyarakat dengan memperkenalkan layanan pustaka dan berharap adanya tenaga khusus yang profesional dan memiliki sumberdaya andal dalam mengelola perpustakaan agar perpustakaan yang ada di Aceh umumnya, dan di Kabupaten Aceh Tamiang khususnya mendapat Akreditas yang memuaskan.

Pemerintah Aceh juga berharap Perpustakaan Daerah Kabupaten Aceh Tamiang dapat menciptakan kesan yang baik, luwes, ramah, informatif, membimbing, dekat dengan masyarakat dan berusaha mengembangkan berbagai kegiatan yang melibatkan dan memfasilitasi kepentingan masyarakat sehingga memiliki kecenderungan berkunjung ke perpustakaan. (Chan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *