Polres Biak Numfor Gelar Apel Hari Peduli Sampah Nasional

ANALISAPUBLIK.COM | Biak Numfor – Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, tanggal, 21 Februari 2019, Polres Biak Numfor gelar apel bersama di Lapangan Apel Taruna Bhayangkara Polres Biak Numfor.

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional merupakan salah satu implementasi nyata program Polisi Sahabat Alam.

“Ini adalah momentum yang tepat untuk kita merapatkan barisan, bergandeng tangan, bekerjasama menjaga alam Papua, agar tetap terjaga kelestariannya,” kata Kapolda Papua Drs. Martuan Sormin, M. Si Jendral Polisi, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kapolres Biak Numfor AKBP Mada Indra Laksanta, SIK.

Ia mengatakan, dalam rangka upaya mengurangi sampah maka kita harus merubah mindset, bahwa sampah adalah sesuatu yang tidak berguna dan harus di buang, tetapi memandang sampah sebagai sumber daya yang dapat di manfaatkan dan mempunyai nilai ekonomi.

“Prinsip yang harus diterapkan dalam pengolahan sampah kata Kapolda ialah, Reduse atau mengurangi sampah. Reuse; menggunakan kembali, Recycle atau mendaur ulang sampah, dan Replace atau mengganti; gantilah barang – barang yang bisa dipakai sekali dengan barang yang lebih tahan lama dan ramah lingkungan,” kata Kapolda pada sambutan tertulisnya.

Dengan memperingati Hari Peduli Sampah ini, tutur Kapolda, Polisi lebih pro aktif terhadap masyarakat Papua. Kegiatan ini berkontribusi untuk mengurangi dampak perubahan iklim dunia. Selain itu, bertujuan untuk menjaga keberlangsungan sumner daya alam Papua secara berkelanjutan dan meminimalisasi kerusakan alam Papua beserta sumber daya yang terkandung di dalamnya, wujudkan keberlangsungan kehidupan masyarakat Papua di masa depan.

Hadir dalam apel bersama, Dandim 1708 Biak Numfor Letkol Inf Ricardo Siregar,SH, M.Tr (Han), Wakapolres Biak Numfor Kompol Toni Upuya S.E , Kepala Dinas Lingkungan hidup Iwan Ismulyanto, dan pejabat TNI POLRI lainya.

Kapolres Biak Numfor, Mada Indra Laksanta, SIK menghimbau seluruh elemen masyarakat untuk menjaga kebersihan agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

“Saya mengajak kita untuk tidak membuang sampah sembarangan, Jagalah kebersihan, Mendaur ulang sampah, Tumbuhkan kreaktivitas dalam pengolahan sampah agar bermanfaat bagi kehidupan manusia,” tandasnya.

Usai apel bersama dilanjutkan dengan pembersihan di beberapa ruas jalan oleh anggota polres Biak Numfor dan instansilainnya. (JER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *