Plt Bupati Biak Minta Restrukturisasi Dewan Adat Byak

Sidang ke III Kainkain Karkara Byak.

ANALISAPUBLIK.COM | Biak Numfor – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Herry Ario Naap, S. Si. M. Pd meminta dalam Sidang ke III Kainkain Karkara Byak yang dilaksanakan di kompleks Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STIKIP), Selasa (26/2/2019) selain membahas Rencana Strategi 2019 – 2022 dan Program Kerja Tahun 2019 juga bahas restrukturisasi organisasi Dewan Adat Byak untuk mendapat pengakuan pemda Biak.

“Restrukturisasi ini penting untuk melihat hirarki kelembagaan dari dewan adat sendiri,” kata Herry.

Soalnya, sampai saat ini masih terdapat dualisme kepemimpinam Dewan Adat Byak,. Oleh karena itu, sangatlah penting pada Sidang ke III Kainkain Karkara Byak memutuskan kepengurusan yang sah dan di akui pemda sesuai dengan hasil keputusan Konferensi Besar Masyarakat Adat Papua (KBMAP) ke III bulan November, Tahun 2015.

“Sidang ke III Kainkain Karkara Byak juga harus melakuka penataan kembali agar supaya struktur atau tatanannya baik yakni, di tingkat Mananwir Bar, Mananwir Mnu dan Mananwir Keret (Jabatan adat), sehingga memiliki struktur yang jelas tetapi juga memiliki mananwir yang mempunyai otoritas memimpin masyarakat adat,” ujarnya.

Apolos Sroyer Ketua Kainkain Karkara Byak mengatakan, sidang ke III Kainkain Karkara Byak bertujuan untuk mengevaluasi kelembagaan Dewan Adat Biak dan membahas berbagai program bagi masyarakat adat Biak.

“Kami akan bersidang selama 2 hari tanggal 26 sampai 27, kami akan menetapkan salah satu pemimpin pemerintahan dalam adat untuk mengawal program kerja tahun 2019, tetapi juga rencana strategis 5 tahunan 2018/2022 yang sejalan dengan visi dan misi bupati untuk Biak Berkaratter, Religius dan berbudaya dengan memperhatikan kearifan lokal. (JER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *