Upacara Adat Sausiber Pemberian Gelar Adat Sami Bebo Plt Bupati Biak Numfor

ANALISAPUBLIK.COM | Biak Numfor – Upacara adat  Sausiber bagi suku Biak adalah pemberian gelar Mambri atau kesatria yang memimpin satu suku di daerah tertentu.

“Mambri itu berasal dari keret (Marga), jadi setiap keret mempuyai Mambri, tetapi ada nama leluhur yang dipakai. Menurut adat Biak Plt Bupati Herry Naap, S. Si. M. Pd di beri  gelar Sami Mandababur dari marga Naap dan bermakna sama dengan Mambri,” kata Ketua Dewan Adat Biak Apolos Sroyer. Selasa, (12/3/2019) di Kampung Napdori, Distrik Swandiwe, Biak Barat.

Sejarah di balik gelar Sami Bebo diberikan kepada seseorang karena dianggap perkasa dan mengalahkan musuhnya dan  menang dalam sebuah peperangan. Ini di vilosofikan kepada Herry Naap yang berhasil menang dalam pilkada tahun 2018 sebagai Bupati terpilih.

“Sebagai mambri yang menjaga melindungi masyarakat. Saya mengucapkan terimakasih atas pemberian gelar ini. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Biak yang telah memilih saya sebagai Bupati terpilih di tahun 2019 atas kepercayaan itu,” kata Herry.

Ia menjelaskan, dengan pemberian gelar Mambri Samibabo (Gelar adat) kepada dirinya, dalam tugas sebagai anak adat di keluarganya dan khususnya kepercayaan masyarakat Biak, dirinya berjanji harus melaksanakan tanggung jawab itu dengan sungguh, membela masyarakat, memperhatikan kearifan lokal, melindungi dan  wujudkan kesejahteraan bagi masyarakat di Biak.

Sebagai Bupati terpilih 2019 – 2024 dengan visi religius, berkarakter dan berbudaya. Herry berkomitmen bersama dewan adat dan pemda untuk mensosialisasikan budaya lokal  seperti yang dilakukan pada dirinya untuk mengangkat kearifan lokal di Biak. (JER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *