Bagian Humas Pemkab Aceh Tamiang Laksanakan Tour 12 Kecamatan

Persiapan Hari Ulang Tahun Kabupaten Aceh Tamiang ke 17.

ANALISAPUBLIK.COM | Aceh Tamiang – Bagian Humas Pemkab Aceh Tamiang dalam minggu ini sedang melaksanakan tour di 12 Kecamatan, tour yang dilakukan bukanlah tour biasa melainkan tour persiapan Hari Ulang Tahun Kabupaten Aceh Tamiang yang tidak lama lagi akan digelar pada april mendatang, Jum’at 15 Maret 2019.

Dikutip dari laman wikipedia.org, Kabupaten Aceh Tamiang adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Aceh, Indonesia. Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Timur dan terletak di perbatasan Aceh – Sumatera.

Istilah “Tamiang” berasal dari kata Da Miang. Sejarah menunjukkan tentang eksistensi wilayah Tamiang seperti prasasti Sriwijaya, kemudian ada riwayat dari Tiongkok karya Wee Pei Shih yang mencatat keberadaan negeri Kan Pei Chiang (Tamiang), atau Tumihang dalam Kitab Nagarakretagama.

Daerah ini juga dikenal dengan nama Bumi Muda Sedia, sesuai dengan nama Raja Muda Sedia yang memerintah wilayah ini selama 6 tahun (1330-1336). Raja ini mendapatkan Cap Sikureung dan hak Tumpang Gantung dari Sultan Aceh atas wilayah Karang dan Kejuruan Muda pada masa itu.

Kabupaten ini berada di jalur timur Sumatera yang strategis dan hanya berjarak lebih kurang 250 km dari Kota Medan sehingga akses serta harga barang di kawasan ini relatif lebih murah daripada daerah Aceh lainnya.

Disamping itu, kawasan ini relatif lebih aman semasa GAM berjaya dahulu. Ketika seruan mogok oleh GAM diberlakukan di seluruh Aceh, hanya kawasan ini khususnya Kota Kuala Simpang yang aktivitas ekonominya tetap berjalan.

Kabag Humas Agusliayana Devita, S.STP, M.Si melalui via telephone menjelaskan, “Kegiatan ini merupakan agenda persiapan pembuatan video 17 th HUT Kabupaten Aceh Tamiang, dimana nantinya video ini menggambarkan keadaan Aceh Tamiang di 12 kecamatan, Humas memvideokan ucapan selamat ulang tahun dari berbagai elemen masyarakat serta menanyakan 1 harapan elemen masyarakat untuk Aceh Tamiang kedepan,” ujarnya pada Jumat (15/3).

Devita juga memaparkan, dalam Tour kami di 12 Kecamatan kemi melihat Masyarakat sangat antusias sekali dalam memberikan ucapan – ucapan selamat untuk HUT Aceh Tamiang nantinya, dan ternyata harapan masyarakat untuk aceh tamiang bermacam – macam, yang disangat disayangkan ternyata banyak juga masyarakat yang belum tahu kapan tanggal ulang tahun Aceh Tamiang

“Jadi kami turun kali ini sekaligus menyampaikan tentang agenda Hut Aceh Tamiang yang ke 17 kali ini akan semarak dan banyak diperuntukkan untuk masyarakat,” ujarnya.

Mengenai sudah sejauh mana persiapan hingga hari ini, Kabag Humas Atam menerangkan, “Alhamdulillah kesiapan untuk menyambut Hut Aceh Tamiang sudah rampung 60 %, semua seksi sedang mempersiapkan sesuai bidangnya masing – masing, Insya Allah berjalan dengan sukses dan lancar “Amin’,” terang Devita. (Dedi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *