Demo Penundaan Pelantikan Bupati dan Wabup Biak Numfor, Herry Naap Berikan Penjelasan

ANALISAPUBLIK.COM | Biak Numfor – Aksi demo damai pendukung Herry – Nehem penuhi Lapangan Cenderawasih, akibat merasa kecewa dengan penundaan pelantikan Herry Ario Naap sebagai Bupati terpilih periode 2019 – 2024, yang direncanakan dilantik 11 Maret, tunda ke 14 Maret 2019, namun belum juga dilaksanakan.

“Saya mendapat informasi bahwa akan ada aksi damai. Langsung saya datang di Lapangan Cenderawasih untuk memberikan pemahaman kepada seluruh pendukung Herry-Nehem, tentang penundaan pelantikan dengan beberapa alasan sehingga belum dilakukan,” tutur Herry di Biak, Jumat (15/3/2019).

Alasan penundaan pelantikan tersebut kata Herry, karena beberapa hal diantaranya, Surat Keputusan (SK) dari Menteri Dalam Negeri untuk menetapkan Bupati Biak Numfor 2019-2024 sudah ditandatangani Mendagri, dan Salinan SKnya juga ditandatangani oleh Dirjen OTDA pada tanggal 11 Maret 2019, namun sampai saat ini belum dilakukan pelantikan karena menunggu agenda dan jadwal dari Provinsi Papua.

Ia menjelaskan koordinasi terus dilakukan dengan Sekda Provinsi Papua dan biro pemerintahan namun belum diketahui kepastian tanggal dan waktu pelantikan. ” Hal ini sudah kami komunikasikan dengan Kemendagri agar mendapat perhatian, sehingga pelantikan segera dilakukan hingga Biak segera dipimpin langsung oleh Bupati defenitif, sehingga seluruh arah kebijakan pembangunan segera dilakukan” kata Herry.

Herry Naap minta Sekda Provinsi Papua, Asisten dan Biro Pemerintahan Papua harus lebih peka dan meningkatkan kinerja dalam menterjemahkan penyampaian Gubernur Papua, Lukas Enembe yang saat itu tepat melantik Bupati Deiyai yang dihadiri Herry Naap, dan menyantakan akan melantik Bupati Biak pada 11 Maret 2019, bahkan kini ditunda ke 14 Maret namun belum juga terlaksana.

“Penundaan pelantikan jangan dipoltisir, atau dinilai dari sudut pandang yang lain-lain tapi ambil positifnya, belum waktunya ; koordinasi Gubernur dengan Sekda Provinsi Papua hingga dengan kami di Biak Numfor,” tegas Herry

Saat ini, Sekda Biak telah ditunjuk oleh Gubernur Papua untuk melaksanakan tugas kepala daerah. Herry Naap menghimbau khususnya pendukung Herry-Nehem agar tetap tenang, jaga keamanan, ketertiban karena pelantikan Bupati pasti dilakukan. (JER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *