Kesbangpol Atam Gelar Sosialisasi Regulasi Politik

ANALISAPUBLIK.COM | Aceh Tamiang – Kesbangpol Kabupaten Aceh Tamiang menggelar sosialisasi relugasi politik bagi masyarakat yang diadakan di gedung SKB Kecamatan Karang Baru pada Kamis (4/4/2019) pukul 09.00 Wib.

Hasil pantauan kami pagi ini, sejumlah ormas dan peserta partai politik 2019, tokoh – tokoh masyarakat, tokoh – tokoh agama, penyandang disabilitas serta pemilih pemula yang berjumlah hampir 120 orang mengikuti mobilisasi dan mendengarkan pemaparan dari nara sumber yang melibatkan unsur forkopimda dan Komisi Independent Pemilihan (KIP) dan Panwaslih Aceh Tamiang.

Kepala Badan Kesbangpol Aceh Tamiang, Oki Kurnia, S.STP ketika dikonfirmasi menjelaskan, Kegiatan ini sebagai bentuk upaya partisipasi dalam pemilih nantinya untuk tidak menerima uang dimana nantinya uang tersebut sebagai pengganti suara, memang pemilu lalu partisipasi nya sangat kecil namun sekarang kita berharap jumlah partisipasinya meningkat tahun ini, jadi kita tidak bisa memberikan target berapa persen jumlah partisipasinya, kita berharapa dengan adanya mobilisasi ini maka pemahaman masyarakat dalam menentukan pilihan siapa yang duduk nanti akan semakin baik dengan meninggalkan politik uang, Kata Oki.

Oki Kurnia juga menambahkan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) tetap kita dari tahun ke tahun selalu memonitoring dan mengevaluasi baik itu proses pemilu pilkada dan pemilu saat ini, dari awal kita juga bersama KIP Aceh Tamiang sudah melaksanakan kegiatan terkait masalah kampanye, kita juga sudah memberikan jadwal kampanye, tetapi dilapangan para partai politik baik caleg – caleg nya dengan lokasi yang telah ditetapkan untuk kampanye belum digunakan, mungkin banyak pertimbangan bagi mereka sehingga mereka buat kegiatan itu sendiri di tempat – tempat khusus contohnya di rumah, ya mungkin menimbang masalah anggaran mungkin, kita juga memahami hal itu, tapi ini harus dilaksanakan sehingga partisipasi masyarakat dalam memilih meningkat, Ujar Oki.

Sementara dalam pemaparan nara sumber KIP Aceh Tamiang Adi Sartika selaku komisioner mengingatkan kembali tentang Undang – Undang Pemilu yang berbeda dari Pemilu sebelumnya. Ia menyampaikan ada 2 faktor kenapa Pemilu 2019 berbeda, yang pertama yaitu untuk Pemilu kali ini adalah pemilu yang serentak, Jelasnya.

“Yang kedua, kali ini tidak ada rekapitulasi dari desa jadi datok kali ini tidak ada lagi rekapitulasi dari desa, kali ini langsung, kemungkinan dari hasil simulasi yang pernah kami lakukan kemungkinan Pukul 11.00 Wib malam baru selesai, jadi kami berharap kepala desa juga dapat membantu,” Kata Adi Sartika dihadapan peserta.

Kajari Aceh Tamiang melalui Kasi Intelijen Fardhiyan Affandi, SH. MH melalui via seluler juga menambahkan, Saya selaku yang mewakili Kajari Aceh Tamiang hanya menjelaskan peran jaksa penuntut umum dalam penegakan hukum tindak pidana pemilu yang mana Jaksa Penuntut Umum ikut serta di Sentra Gakkumdu, ujar Fardhiyan.

“Semoga berjalan lancar Damai Jujur Adil
Dan tidak ada perpecahan walau berbeda menentukan pilihan saat di tempat pemungutan suara nantinya, dengan semangat Damai indonesia Damai Aceh Tamiang di Bumi Muda Sedia,” tutup Fardhiyan Affandi.

Sebagai penutup Ini data nara sumber yang berhasil kami himpun sekaligus dengan judul Materi.

1. Kapolres Aceh Tamiang, dengan judul materi sistem pengamanan dan pembinaan kamtibmas jelang pemilu dalam wilayah Kabupaten Aceh Tamiang diwakilkan Ipda M Putra Yoni, SH dengan jabatan KBO Sat Intelkam.

2. Kepala Kejaksaan Negeri Kualasimpang dengan judul materi Tindak Pidana Pelanggaran Pemilu diwakilkan Kasi Intelijen Fardhiyan Affandi, SH. MH.

3. Ketua KIP Aceh Tamiang dengan judul materi Relegusi Politik dan Pemilu 2019 diwakilkan oleh Komisioner KIP Adi Sartika.

4. Ketua Bawaslu Aceh Tamiang dengan judul materi Pengawasan dan Penindakan Pelanggaran Pemilu 2019 diwakilkan oleh Ferry Irawan Nasution, SH selaku anggota komisioner Bawaslu.

5. Ketua KNPI Aceh Tamiang dengan judul materi Peran Pemuda Dalam Perkembangan Politik Jelang Pemilu 2019 diwakilkan oleh Dr. Cakra Arbas, SH.i. MH. (Dedi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *