Gandeng JPKP, MPR RI Gelar Sosialisasi 4 Pilar

ANALISAPUBLIK.COM | Banyuwangi – Bersama Jaringan Pendamping Kinerja Pemerintah (JPKP) DPD Kabupaten Banyuwangi, Wakil Ketua Bidang Kajian FPG MPR-RI Hardi Soesilo, menggelar sosialisasi 4 Pilar MPR RI pada Jumat (5/4/2019) di ballroom New Surya Hotel, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi.

Kepada wartawan, Hardi Soesilo menjelaskan bila dirinya menggelar kegiatan ini dalam rangka menjalankan tugas dari pimpinan MPR kepada dirinya selaku anggota MPR.

Menurutnya dalam sosialisasi tersebut, ada 4 hal yang disosialisakan, yaitu Pancasila, Undang-Undang (UU) Negara Republik Indonesia (NRI) Tahun 1945 yang baru, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhenika Tunggal Ika.

“Yang kita sosialisasikan adalah Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR, NKRI sebagai bentuk negara, Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan Negara”, terangnya.

Sehingga, masih Hardi Soesilo, para peserta diberi penjelasan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan 4 hal tersebut.

“Jadi bukan hanya sekedar memahami bunyi sila-silanya saja, tetapi harus mengerti sejarah lahirnya Pancasila yang berdampak pada kemerdekaan NKRI, begitu juga tentang perubahan UUD yang mendasar seperti yang dulu MPR merupakan lembaga tertinggi sekarang menjadi sejajar dengan lembaga lainnya, kemudian apa itu NKRI yang bukan hanya sekedar harga mati tetapi juga bagaimana sistem bertata negara, dan begitu juga dengan pengertian tentang semboyan negara kita”, ungkap Hardi Soesilo yang juga sabagi anggota DPR RI dari fraksi Golkar.

Dia juga berharap kepada para peserta agar lebih memahami dan bisa menyebarkan kepada masyarakat dilingkungannya.

Diketahui, hadir dalam acara tersebut, Bidang Hukum DPP JPKP, Sudio Wiyono, SH, Ketua DPW JPKP Propinsi Jawa Timur, Siswanto, SE, SH, bersama beberapa jajarannya, Ketua DPD JPKP Kabupaten Banyuwangi, Johan Okada, 150 anggota DPD JPKP Banyuwangi, serta perwakilan dari tokoh masyarakat dan tokoh agama. (Bud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *