16.264 Personil Linmas Akan Disiapkan Untuk Pemilu

ANALISAPUBLIK.COM | Surabaya – Badan Penanggulangan Bencana (BPB) dan Linmas Kota Surabaya akan menyiapkan 16.264 personil untuk pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat pemilu 17 April 2019 nanti.

Kepala BPB dan Linmas Kota Surabaya Bapak Eddy menyampaikan, di masing-masing kelurahan akan ada tiga orang petugas yang siaga. Satu orang Kasatgas kelurahan dan dua orang anggotanya, untuk backup pengamanan di kelurahan dan wilayah TPS.

“Kalau di kecamatan, seluruh Kasi Ketertiban dan anggotanya pada tanggal 17 sampai 18 April akan standby selama 24 jam untuk bantu backup di TPS,” kata Eddy, saat apel kesiapan pasukan dan simulasi pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Lapangan Kenjeran Park Surabaya, Kamis (11/04/19).

Nantinya masing-masing kecamatan juga ada beberapa petugas gabungan, yakni dari anggota Linmas, Satpol PP dan Bagian Adminitrasi Pemerintahan yang berjumlah sekitar 6 sampai 7 orang.

“Dari gabungan petugas tersebut, kami BKO-kan di kecamatan untuk backup apabila nantinya di TPS yang ada kerawanan, tentunya berdasarkan komando dari teman-teman kepolisian,” tambah Eddy.

Sementara itu, di markas komando pusat Linmas dan Satpol PP, masing-masing akan disiagakan sekitar satu pleton petugas. Karena pengamanan juga dilakukan di Polrestabes Surabaya dengan membangun posko terpadu yang mulai didirikan sejak 7 April lalu, untuk membackup kegiatan patroli, baik pagi, siang, dan malam.

Selain mengerahkan kurang lebih ribuan pasukan dari BPB dan Linmas, Pemkot Surabaya juga menyiagakan beberapa mobil Pemadam kebakaran (PMK) yang akan ditaruh di setiap pos atau titik-titik rawan.

Rencananya masing-masing akan disiagakan satu unit mobil PMK di kantor KPU dan Bawaslu, baik itu provinsi maupun kota. (Ard)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *