Seluruh SMP di Indramayu Siap Gelar UNBK

ANALISAPUBLIK.COM | Indramayu – Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu memastikan seluruh Sekolah Menengah Pertama (SMP) siap melaksankan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 – 25 April 2019 mendatang. Ada 203 SMP negeri dan swasta yang akan melaksanakan UNBK Tahun Ajaran 2018/2019.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu DR. H. Ali Hasan M.Pd melalui Kabid Pembinaan SMP H. Supardo, M.Pd saat ditemui mengatakan, UNBK tahun 2019 akan diikuti oleh 19.406 siswa dari 203 SMP dengan rincian 90 SMP negeri dan 113 SMP swasta.

Adapun sekolah yang melaksanakan UNBK secara mandiri ada 90 sekolah terdiri dari 45 SMP negeri dan 45 SMP swasta dan selebihnya masih menumpang di SMA/SMK diwilayahnya masing-masing yang memiliki fasilitas computer.

Supardo mengakui, meski siap menggelar UNBK, namun belum semua sekolah memiliki sarana komputer yang memadai. Oleh sebab itu, sekolah yang belum memiliki fasilitas UNBK akan menumpang di laboratorium komputer milik SMA/SMK terdekat.

“Kami bekerjasama dengan MK3S SMA/SMK yang ada di kabupaten Indramayu setelah pihaknya berdiskusi dengan Kepala Cabang Dinas (KCD) wilayah IX Provinsi Jawa Barat,” ungkapnya.

Dikatakan, tahun ini, jumlah SMP yang akan melaksanakan UNBK mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun lalu. Pada tahun 2018, jumlah SMP yang menyelenggarakan UNBK ada 111 SMP sedangkan untuk tahun 2019 seluruh SMP baik negeri/swasta melaksanakan UNBK walaupun masih ada sekolah yang masih menumpang ke sekolah lain, tapi ini merupakan suatu peningkatan yang signifikan.

“Saya harap, mudah-mudahan akan ada bantuan computer dari pemerintah untuk sekolah yang belum memiliki sarana computer,” ucapnya.

Dengan seluruh SMP yang ada di kabupaten Indramayu mengikuti UNBK, maka Kabupaten Indramayu sudah memenuhi target dari Kementerian Pendidikan. Dimana target tersebut harus mencapai 80 persen, tapi kabupaten Indramayu sudah 100 persen.

Supardo berharap, pelaksanaan UNBK nanti bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan. Ia pun mengharapkan seluruh siswa SMP di Kabupaten Indramayu untuk tetap tenang saat melaksanakan ujian nanti sehingga hasil yang didapat akan lebih maksimal. (M.TOYIB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *