Ragam Ruwatan Ada di Desa Mliriprowo

ANALISAPUBLIK.COM | Sidoarjo – Ragam Ruwatan (Bersih Desa) dilakukan warga masing-masing dusun yang ada di Desa Mliriprowo Kecamatan Tarik. Dusun tersebut diantaranya: Dusun Pilang, Mlaten, Budug, Pajaran Utara, Pajaran Selatan dan Dusun Jabon.

Kepala Desa Mliriprowo, Noto Diharjo saat ditemui analisapublik.com melalui Sekretaris Desa, Aris Ridwan, SE dilokasi Ruwatan Dusun Pilang, Sabtu (20/4) mengatakan ada berbagai macam ruwatan yang dilakukan setiap warga dusun mas, contohnya di dusun pilang ini. Dusun Pilang ini mengelar selamatan dan diteruskan dengan Tayup sampai sore,’ katanya.

“Sedangkan di dusun lainnya ada yang menggelar pengajian, tumpengan dan lainnya. Tetapi untuk puncak acara Ruwat Desa difokuskan di halaman Kantor Desa Mliriprowo,’ tandasnya.

Lanjut Aris, ada berbagai kegiatan ruwat desa yang di gelar Desa Mliriprowo diantaranya Khotmil’quran Bil Qhoib, Ragam Murwokolo, Pameran UMKM dan sebagai puncak acaranya di gelar Wayang Kulit bersama Dalang Ki Susilo Wibowo, S. Pd., M. Pd dengan Lakon “Babat Wonomertani” serta hiburan Campursari”,’ ulasnya.

Masih Aris, ruwatan desa ini, merupakan puji syukur kita kepada ALLAH SWT atas limpah Nya. Semoga semua warga Desa Mliriprowo dijauhkan dari marabayah dan mendapat lindungan Nya. Amin,’ harapnya.

“Dan untuk diketahui bahwa ruwat desa ini digelar selama 2 hari yang mana di hari pertama di setiap dusun mengadakan selamatan dan dihari kedua dan sebagai puncak acara ruwat desa digelar di Balai Desa Mliriprowo,’ pungkas Aris. (HERI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *