Surat Suara Kurang, KPU Kabupaten Kediri Gelar PSL Untuk Pemilihan DPD

ANALISAPUBLIK.COM | Kediri – KPU Kabupaten Kediri menggelar Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) di Dusun Sumberkepu Desa Kaliboto Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri. Hal ini dikarenakan saat pencoblosan Pemilu serentak yang dilaksanakan tanggal 17 April 2019 kemarin, pemilih yang hadir pada saat itu hanya mendapatkan 4 surat suara.

Yaitu, surat suara untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPR Provinsi dan DPR Daerah. Sementara untuk DPD, para pemilih belum mendapatkannya.

Dari data yang didapat, sejumlah 29 orang belum melakukan pencoblosan surat suara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) wilayah Jawa Timur. Dari 29 orang tersebut 24 orang tedaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan 5 orang terdaftar Daftar Pemilih Khusus (DPK), yang kesemuanya pada Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 Desa Kaliboto Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri.

Eka Whisnu Wardana, Komisioner KPU Kota Kediri, Divisi Data dan Informasi, menjelaskan, menindak lanjuti surat dari PPK, mendapatkan rekomendasi dari Panwascam untuk mengelar Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) untuk mengakomodir pemilih yang tidak menerima Surat Suara DPD.

“Selain itu juga rekomendasi untuk menghentikan Rekapitulasi di TPS 01 Kaliboto ini. Jadi nanti pasca dihitung langsung dilakukan rekapitulasi dikecamatan, “ujarnya, Selasa (23/4/2019) pagi.

Lebih lanjut Wisnu menambahkan, saat itu dimana tanggal 17 April, kehabisan surat suara untuk DPD, memang seting pakingnya, idealnya bisa diambilkan ke TPS sekitarnya.

“Karena sudah enjuritime, akhirnya dilayani seadanya dan dijadikan kajian dari Bawaslu, Panwascam dan memberikan rekomindasi untuk melakukan PSL ini, “tambahnya.

Sekedar diketahui, dalam Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) turut hadir Kapolres Kediri Kota, AKBP Anthon Haryadi, berseta jajaranya, Ketua Bawaslu Kab Kediri, Saudatul Ummah berserta Divisinya, dan juga dari KPU Kab Kediri Kediri, Sapta Andaruisworo bersama komisionernya. (mun/pan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *