Seminar Motivasi Nasional Hadirkan Syafi’i Efendi

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Syafi’i Efendi adalah seorang Coach, Trainer, Motivator, dan Entrepreneur dengan berbagai sertifikasi dan penghargaan baik skala nasional dan internasional.

Kali ini, trainer dan motivator muda tersebut tampil di seminar motivasi nasional bertajuk Succes With Generation di Graha Larasati Blora.

Acara seminar ini diselenggarakan oleh Wirausaha Muda Nusantara (WIMNUS) Jateng dengan sekitar 1.250 peserta yang terdiri dari para pemuda, mahasiswa dan calon wirausahawan, Minggu (26/05/2019).

Pada seminar ini, Syafi’i Efendi menjelaskan perjalanan karirnya hingga seperti ini. Dirinya mengajak kepada generasi muda agar berkontribusi dalam ekonomi.

“Kemandirian itu harus sampai ke akar rumput. Tidak peduli dimana pun selagi masih di Indonesia kita bertanggung jawab agar mereka menjadi orang yang mandiri, orang yang memimpin dan orang yang berkontribusi,” ucapnya.

Dirinya mencontohkan dengan usaha warung makan yang bisa menghidupi beberapa keluarga.

“Berawal dari warung kecil dengan merekrut 2 orang untuk membantunya, maka akan ada 3 keluarga yang dihidupi. Jika ada cabang kedua atau ketiga dari warung ini, maka akan menarik orang lain untuk mengikutinya dan akan lebih banyak keluarga lagi yang dihidupi,” jelasnya.

Selain itu, dirinya juga mengajak para peserta menonton beberapa video yang merupakan realita yang terjadi di Indonesia dimana generasi muda diperbudak gaya. Ia juga memberi gambaran kemajuan teknologi dimana kedepannya semua tenaga kerja diganti mesin.

“Saya ingin katakan perubahan adalah tuntutan, teknologi akan menggantikan peran manusia. Akibatnya, kebangkrutan kalah bersaing dan kemiskinan didepan mata. Bahkan di negara maju, driver akan diganti teknologi otomatis,” ungkapnya.

Ia juga menyerukan akan kebencian atas kemiskinan dan meminta anak muda agar tidak berpacaran bahkan menikah terlebih dahulu sebelum kaya.

“Ubahlah mindset kalian, jangan mau pacaran atau nikah muda sebelum kalian kaya. Itulah kenapa kita harus membangun karakter sukses mulai sekarang,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Syafi’i Efendi juga berbagi rahasia kesuksesan. Menurutnya, ada 3 hal yang harus dimiliki calon wirausahawan sukses.

“Pertama attitude (sikap), kedua skill (keterampilan), dan ketiga networking (jejaring). Tiga ini harus dimiliki dulu,” paparnya.

Disisi lain, Dewi Priyani selaku panitia mengatakan bahwa kegiatan ini tak hanya diselenggarakan di Blora saja, tetapi juga di sejumlah kabupaten/kota di Jawa Tengah. Diantaranya, Sragen, Rembang, Purworejo dan banyak lainnya.

“Kita ingin mengajak kepada generasi muda untuk berani memulai usaha. Kesuksesan dimulai dari mindset (cara berfikir) yang berbeda,” kata Dewi.

(Arifin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *