Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna Resmikan Pengoperasian Skadron Udara 27

ANALISAPUBLIK.COM | Biak Numfor – Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E. M.M meresmikan pengoperasian Skadron Udara 27 dalam upacara yang dilaksanakan di Apron Skadron Udara 27 Lanud Manuhua Biak pada Kamis (13/6/2019).

Pada kesempatan tersebut Kasau menyampaikankan bahwa, Skadron Udara 27 memiliki peran mewujudkan nilai strategis Koopsau III untuk mendukung mobilitas pasukan ke daerah – daerah terpencil dan patroli udara di daerah perbatasan di Wilayah Kedaulatan NKRI.

“Skadron Udara 27 memiliki peran untuk mendukung kelancaran angkutan udara di daerah terisolir dan menunjang pelayanan roda perekonomian masyarakat di Papua,” kata Kasau.

Untuk memaksimalkan peran strategis tersebut, Kasau menyatakan, kesiapan dan jumlah pesawat Skadron Udara 27 akan ditambah secara bertahap seauai dengan Rencana Strategis (Renstra) yang telah di tetapkan.

“Saya minta Skadron Udara 27, mantapkan tekad, memberilan yang terbaik sehingga mampu berhasil dalam melakukan tugas dan tanggung jawab yang telah ditetapkan.” Tuturnya.

Marsekal TNI Yuyu Sutisna mengingatkan, harus segera menyesuaikan diri dalam kegiatan operasi TNI AU di wilayah Papua.

“Wilayah ini memiliki medan yang sangat menantang, dan cuaca yang sulit di tebak serta sangat dinamis,” ucapnya.

Dalam melaksanakan operasi penerbangan kasau mengingatkan juga untuk memprioritaskan keselamatan terbang dan kerja agar terlaksana dwngan aman dan lancar.

“Kepada personel Skadron Udara 27 saya tekankan, laksanakan program road to zero accident, Lakukan pendataan dan analisis pada potensi hazard, lakukan langkah preventif untuk memitigasi hazard sehingga tidak berkembang menjadi incident dan accident,” tambahnya.

Ia juga menyampaikan selamat kepada letkol pnb Trinanda Hasan Febrianto sebagai Komandan Skadron Udara 27 yang pertama. “Meskipun baru di bentuk, saya berharap dapat melaksanakan peran dan fungsi secara optimal,” tandasnya.

Peresmian pengoperasian Skadron Udara 27 ini ditandai dengan pelepasan selubung lambang Skadron 27, pemasangan logo Skadron Udara 27 pada badan pesawat angkut yang berada di Hanggar Skadron Udara 27 dibarengi pelepasan burung merpati dan dilanjutkan dengan pemotongan pita serta penandatanganan prasasti di gedung kantor Hanggar Skadron Udara 27.

Hadir pada acara peresmian ini, Ketua DPRD Biak, Assisten I Setda Biak, para Asisten Kasau, Pangkoopsau III, Danlanud Manuhua Biak dan sejumlah pejabat tinggi Mabesau lainnya seta pejabat sipil dan militer yang ada di Biak Numfor.

(JER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *