Deklarasi Tagar Tolak Kerusuhan di Alun-Alun Sidoarjo

ANALISAPUBLIK.COM | Sidoarjo – Deklarasi Tolak Kerusuhan dilakukan seluruh institusi pemerintah Sidoarjo bersama elemen masyarakat Kabupaten Sidoarjo. Mulai dari Pemkab Sidoarjo, Polresta Sidoarjo, Kodim 0816 Sidoarjo, DPRD Sidoarjo, Kejari Sidoarjo, Pengadilan Negeri Sidoarjo, MUI Sidoarjo, FKUB Sidoarjo maupun PCNU Sidoarjo. Deklarasi yang dimotori oleh Polresta Sidoarjo di lakukan di Alun-alun Sidoarjo, Minggu (16/6).

Pembacaan deklarasi dilakukan bersama-sama oleh seluruh pimpinan elemen masyarakat. Isinya berikrar bahwa seluruh elemen masyarakat Sidoarjo sepakat dan bersikap menolak kerusuhan dan mendukung terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif menuju Indonesia damai. Usai pembacaan deklarasi dilanjutkan dengan penandatangan pernyataan bersama menolak kerusuhan.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum menyambut baik deklarasi tagar Tolak Kerusuhan kali ini. Kegiatan seperti ini sebagai ajakan kepada masyarakat untuk ikut menjaga kondusifitas keamanan yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Selain itu deklarasi kali ini sebagai antisipasi isu-isu atau kegiatan negatif yang mengarah kepada aktifitas yang dapat menimbulkan adanya kerusuhan.

Bupati Sidoarjo sendiri tegaskan Kabupaten Sidoarjo aman. Selama dirinya memimpin, kondisi keamanan Kabupaten Sidoarjo selalu terjaga. Bahkan meski daerah lain terjadi kerusuhan tidak berimbas ke Kabupaten Sidoarjo. Oleh karenanya Bupati selalu meminta masyarakat Sidoarjo tidak ikut ikutan terprovokasi kerusuhan yang terjadi diluar sana. Masyarakat diminta dapat ikut menjaga keamanan dan ketertiban. Pasalnya hal tersebut merupakan tugas bersama sebagai warga negara yang baik.

“Sidoarjo aman, tidak ada kerusuhan, kalau ada kerusuhan diluar Sidoarjo, jangan ikut-ikutan, Sidoarjo tetap aman, tentram, damai,”ucapnya.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho akui sendiri Kabupaten Sidoarjo sebagai salah satu daerah yang terjaga situasi keamanannya. Hal tersebut dapat terlihat selama pelaksanaan agenda nasional Pemilu yang kondusif. Tidak terlihat kejadian yang menonjol selama pemilihan presiden dan legislatif kemarin. Termasuk pada pelaksanaan bulan suci Ramadhan dan idul fitri.

Oleh karenanya dalam kesempatan tersebut dirinya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Sidoarjo yang telah menjaga keamanan dan ketertiban di Kabupaten Sidoarjo. Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho berharap situasi tersebut dapat terus dijaga dan dipertahankan. Situasi keamanan ketertiban yang terjadi di ibu kota tanggal 21-22 Mei kemarin diharapkan tidak terjadi di wilayah Kabupaten Sidoarjo. Masyarakat diminta dapat menolak semua kegiatan yang mengarah kepada anarkisme.

“Kabupaten Sidoarjo sudah kondusif, harus kita pertahankan dan kita jaga, kita harus tolak kerusuhan”,’ pintanya.

Dalam deklarasi tersebut dibarengi dengan jalan sehat bersama masyarakat Sidoarjo. Polresta Sidoarjo menyiapkan hadiah bagi masyarakat yang mengikuti jalan sehat tersebut. Hadiah utama berupa 1 unit motor bebek. Usai jalan sehat diseputar Alun-alun Sidoarjo dilanjutan dengan senam bersama. Masyarakat yang hadir juga dihibur dengan orkes dangdut.

(HERI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *