Residivis Pencuri dan Rekannya Ditembak Petugas

ANALISAPUBLIK.COM | Medan – Dua orang pelaku pencuri kambuhan yang sudah lima kali beraksi di Jalanan di lokasi yang berbeda akhirnya di tembak oleh pihak petugas Tim Pegasus Polsek Medan Barat karena berusaha melawan petugas saat akan di lakukanya pengembangan.

Menurut keterangan Kapolsek Medan Barat Kompol Choky dalam pemaparanya yang berlangsung menyebutkan, awalnya kedua orang pelaku yakni Muhammad Fiqri Munzir (34) bersama rekanya Bagas Rakasiwi Surbakti melintas di lokasi kawasan Jalan H.Adam Malik tepatnya di Simpang Makmur Kelurahan Silalas Medan Barat dengan berboncengan mengendarai sepeda motor metic Vario warna hitam BK 3414 AIJ pada hari Jumat (5/07/2019) tepatnya sekira Jam 11.15 Wib.

Kedua pelaku yang melihat calon mangsanya yang sedang melintas di lokasi tersebut langsung mendekati sepeda motor yang sedang dikendarai oleh korban Fairuz Zahira Siregar (19) dari arah sebelah kiri.

Usai memepet sepeda motor korban yang selanjutnya salah satu pelaku langsung mencuri 1 unit HP Samsung Galaxy J.8 warna ungu milik korban yang berada di dasbort sebelah kiri sepeda motor milik seorang mahasiswi (Korban, red).

Usai mencuri HP korban yang kemudian pelaku langsung khabur tancap gas ke arah Tugu Adi Pura. Korban yang merasa terkejut pun langsung berteriak dengan keras sambil berusaha mengejar kedua pelaku tersebut.

Oleh pihak petugas Tim Pegasus Polsek Medan Barat yang sedang melintas Patroli di kawasan tersebut mendengar suara teriakan korban dan langsung melakukan pengejaran terhadap kedua orang pelaku.

“Melihat adanya petugas yang sedang melakukan pengejaran, kemudian kedua pelaku yang berboncengan dengan mengendarai sepeda motor Honda Vario warna hitam langsung berusaha khabur melintas berbelok ke arah jalan Sei Deli pinggir sungai deli,” ucap Kompol Choky kepada sejumlah wartawan, Senin (8/07/2019).

Lanjut Kapolsek Medan Baru menjelaskan kembali dihadapan media mengatakan dimana pelaku yang sedang berusaha khabur tetap tancap gas dan berbelok kekanan pinggiran rel kreta api melalui jalan tikus atau jalan setapak dan langsung menuju kembali ke jalan Adam Malik dan setelah sampai di jalan tersebut pelaku kembali tancap gas namun tim pegasus terus mengejar pelaku dan sewaktu di jalan Adam Malik Kec. Medan Barat tepatnya di depan rumah makan Wakaka tim pegasus polsek Medan Barat berhasil memepet sepeda motor pelaku dan langsung menangkap kedua pelaku.

“Setelah kedua pelaku berhasil di ringkus oleh pihak kita yang selanjutnya dilakukan pemeriksaan dan akhirnya barang bukti hasil kejahatanya berupa 1 unit HP milik korban ditemukan petugas dari saku celana kanan salah satu pelaku,” ucapnya sembari mengatakan saat dilakukannya pengembangan dimana kedua pelaku berusaha khabur dengan melawan petugas.

“Karena berusaha untuk khabur dengan melakukan perlawanan terhadap petugas yang selanjutnya oleh petugas memberikan tembakan peringatan ke udara, oleh para pelaku yang tidak memperdulikannya langsung saja diberikan tindakan tegas secara terukur dengan menembak bagian kaki kedua pelaku. Setelah mendapatkan pengobatan medis di Rumah Sakit Bhayangkara Medan yang selanjutnya kedua pelaku bersama barang buktinya langsung di amankan ke Mako Polsek Medan Barat untuk proses selanjutnya,” kata Kompol Choky kembali dihadapan sejumlah media.

Usai diamankannya kedua pelaku, pihak petugas mengarahkan korban Fairuz Zahira Siregar (19) warga yang tinggal di jalan Bambu IV No.31 Kelurahan Durian Kecamatan Medan Timur untuk membuat laporan pengaduan dan akhirnya korban pun langsung membuat pengaduan dengan Laporan Polisi Nomor : LP/ 205 / VII/ SPKT / RESTABES MEDAN / SEK MDN BARAT, tanggal 05 Juli 2019.

Lewat hasil proses intrograsi yang ada terhadap kedua pelaku mengakui dihadapan pihak petugas telah melakukan aksi pencurian di lima lokasi TKP yang berbeda. Adapun kelima lokasi TKP tersebut yaitu :

1. Bulan Juli 2019 TKP Darma Agung, hasil curian satu unit Handphone didalam tas coklat korban seorang perempuan yang sedang berjalan kaki

2. Tanggal 1 Juli 2019 TKP Jalan Abdullah Lubis Medan sekira Jam 20.00 Wib dengan cara Modus Pecah kaca Mobil Chevrolet warna silver dengan hasil menggasak Tas Dompet, Hp Samsung dan Uang tunai Rp 1.000.000,-

3. Bulan Juni 2019 TKP depan lokasi Maju Bersama hasil : 1 (satu) unit Hp Samsung dari seorang perempuan yang sedang berjalan kaki

4. Tanggal 3 Juli 2019 sekira Jam 16.00 Wib, dengan TKP Jalan Cengal Sekip, korban seorang perempuan sedang berjalan dan hasil curiannya satu buah Hp Oppo warna abu-abu

5. Bulan Juni 2019 , setelah Lebaran , TKP Kesawan Depan Hotel Dharma Deli dengan korban suami Isteri yang sedang berjalan kaki dan hasil curiannya Hp Samsung A.5 dan OPPO warna abu-abu

“Itulah 5 lokasi TKP berbeda yang di akui kedua pelaku dihadapan petugas yang ada dan kedua pelaku masing-masing atas nama Muhammad Fiqri Munzir (34) warga tinggal di jalan Bhakti Luhur No. 28 Kelurahan Dwi Kora Kecamatan Medan Helvetia dan Bagas Rakasiwi Surbakti (23) warga Jalan Cengal No. 16/24 Kecamatan Medan Petisah,” sebut orang nomor satu di Polsek Medan Barat sambil menambahkan jika salah satu di antara kedua pelaku yaitu tersangka Muhammad Fiqri Munzir (34) merupakan Resedivis yang pernah menjalani hukuman tahun 2014 di Rutan Tanjung Gusta dengan Perkara kasus Pencurian.

“Satu di antara kedua pelaku yang ada yaitu tersangka M Fiqri Munzir merupakan residivis tahun 2014 dengan perkara kasus pencurian dan untuk mempertanggung jawabkan hasil perbuatanya maka kedua tersangka akan di kenakan Undang-Undang yang berlaku dalam Kasus Pencurian Dengan Pemberatan melanggar Pasal 363 KUHPidana,” pungkas Kompol Choky yang di dampingi Panit Reskrim Iptu Surya beserta personil Polsek Medan Barat, Selasa (9/07/2019).

(ADE)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *