Cegah Penggunaan Narkoba, SMAN 1 Belitang Gelar Sosialisasi

ANALISAPUBLIK.COM | Sekadau – Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (Narkoba) di kalangan generasi muda dewasa ini kian meningkat, tidak menutup kemungkinan terjadi dikalangan remaja atau usia sekolah.

Maka dari itu pentingnya peran pihak sekolah dalam mensosialisasikan tentang bahayanya akibat dari penyalahgunaan norkoba.

Salah satunya yang dilakukan oleh SMA Negeri 1 Belitang, kegiatan penyuluhan dan sosialisasi kepada peserta didiknya tentang bahaya narkoba disisipkan dalam kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) atau yang biasa disebut dengan masa orientasi siswa, pada rabu (10/7).

Pihak sekolah SMAN 1 Belitang mengundang Polsek Belitang sebagai narasumber dalam hal ini diwakili oleh Kanit Binmas Aipda Suprianto untuk memberikan pembekalan materi.

Domi Liberasius, S.Pd selaku Waka Kesiswaan menjelaskan bahwa kegiatan MPLS merupakan momen yang pas untuk melakukan penyuluhan dan sosialisasi.

“Selain pengenalan lingkungan dan tata tertib sekolah, alangkah baiknya kita juga tanamkan sejak dini dibenak para murid akan bahayanya narkoba terhadap generasi muda”, jelas Domi.

Aipda Suprianto dalam kegiatan sosialisasi tersebut menyampaikan beberapa akibat dari penyalahgunaan narkoba, selain merusak kesehatan, mengubah prilaku, dan dapat menimbulkan ketergantungan (adiksi), pemakai maupun pengedar juga dapat dijerat dengan ancaman pidana sesuai dengan UU nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dan UU nomor 5 tahun 1997 tentang Psikotropika.

Selain itu Kanit Binmas berharap para pelajar dapat mematuhi peraturan dilingkungan sekolah, jauhi segala perbuatan yang menyimpang, karena siswa/siswi sangat rentan akan pengaruh lingkungan dan pergaulan yang dapat berpengaruh dengan kenakalan remaja dan pergaulan bebas.

(Jkw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *