BPJS Kesehatan Biak Goes To Kampung

ANALISAPUBLIK.COM | Biak Numfor – BPJS – Kesehatan Cabang Biak Numfor lakukan sosialisasi progam JKN-KIS diperuntukan bagi Peseeta Penerima Bantuan Iuran (PBI), bertempat di Gedung Serbaguna GKI Pniel Opiaref, Kamis (11/7).

Kegiatan ini merupakan progam BPJS Kesehatan Goes To Kampung yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Biak. Dalam kegiatan tersebut, masyarakat yang datang merupakan warga kampung Opiaref dan Kampung Anggaduber, di Distrik Oridek, Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Deputi Direksi Wilayah Papua dan Papua Barat, Cecep Falah Rakhmatiana mengatakan, tujuan dari BPJS turun kampung ini adalan pertama untuk meningkatkan kesadaran peserta bahwa perlunya punya kartu JKN-KIS. Meningkatkan pengetahuan peserta terhadap prosedur, hak dan kewajiban, yang harus dilakukan untuk mendapat manfaat. Meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya perilaku hidup sehat.

“Jadi dengan kita menjaga kesehatan, menjaga diri kita dan menjaga diri orang lain. Karena pada saat kita sehat , preminya tidak terpakai di pakai untuk orang lain yang sakit, kan, gotong royong, yang sehat bantu yang sakit,” tuturnya.

Dikatakan hal ini di harapkan dapat meningkatkan data faliditas data peserta melalui proses pembaharuan data. Pembaruan data peserta PBI yang belum lengkap akan dilengkapi sesuai dengan data pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) agar, tidak terkendala pada waktu menggunakan kartu JKN-KIS untuk berobat.

Hadir dalam kegiatan sosialisasi Kepala Distrik Oridek, Pejabat Kantor Cabang BPJS- Kesehatan Biak, kepala puskesmas, kepala kampung, tenaga medis dan warga kampung.

Cecep menjelaskan, dengan hadirnya kepala puskesmas pada sosialisasi ini, untuk membangun kerja sama untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Distrik Oridek atas nama pemda Biak mengapresiasi dan berterimakasih atas terlaksananya sosialisasi yang dilakukan guna meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya jaminan kesehatan. Selain itu ia berharap kegiatan serupa dapat dilakukan di 14 kampung lainnya yang ada di wilayah distrik Oridek.

Ibu Nelly salah seorang warga kampung Opiaref yang telah menjadi peserta JKN-KIS mengungkapkan rasa terimakasihnya ketika sebagai peserta ia dapat tertolong dalam pelaynan kesehatan di rumah sakit.

BPJS turun kampung serentak dilakukan diseluruh kediputian wilayah di Indonesia, untuk wilayah Papua dan Papua Barat, dilaksanakan di Biak, dalam rangka memperingati Hari ulang tahun BPJS pada tanggal 15 Juli. Akhir dari sosialisasi tersebut di serahkan sejumlah alat olahraga yakni bola voli kepada kepala distrik dan kepala kampung.

(JER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *