Dishub Gelar Operasi Gabungan, Tindak Tegas Kendaraan Melebihi Tonase

ANALISAPUBLIK.COM | Kediri – Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri bersama Satlantas Polres Kediri dan Denpom Kediri menggelar kegiatan Operasi Ketertiban Berlalulintas. Namun operasi kali ini difokuskan pada kendaraan roda empat muatan.

Operasi tersebut digelar di Jl. Raya Wates-Kediri, Desa Wates Kec. Wates, yang dipimpin Kasi Keselamatan Ketertiban Bidang Dalops Teguh Yulianto. Dan dibantu KBO Lantas Iptu Ketut Alit beserta anggota serta Denpom Kediri, Kopda Aris. Kamis (1/8/2019)

Kepala Dishub Kab Kediri Joko Suwono melalui kasi Keselamatan Ketertiban Bidang Dalops Teguh Yulianto mengatakan, operasi akan rutin dilakukan setiap waktu. Sasaran utamanya adalah kelengkapan surat-surat kendaraan, dimensi bak truk, uji berkala, kelas jalan dan pelanggaran lainnya.

Dalam operasi tersebut, Dishub Kab. Kediri menggunakan timbangan portable untuk mengetahui tonase muatan yang diangkut kendaraan.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk menekan angka pelanggaran lalu lintas, terpenuhinya persyaratan teknis dan laik jalan kendaraan bermotor serta untuk memberikan efek jera kepada pengguna jalan yang melakukan pelanggaran,” jelas Teguh.

Lebih lanjut Teguh menambahkan, disisi lain, pelaksanaan operasi ini adalah demi terwujudnya pelayanan lalu lintas dan angkutan jalan yang aman, selamat, tertib, dan lancar.

“Yang tak kalah penting adalah untuk mewujudkan penegakan hukum bagi masyarakat yang melanggar. Jika terdapat pelanggaran maka akan ditindak tilang sesuai dengan undang-undang, tambahnya

Sekedar diketahui, dari operasi yang berlangsung mulai pukul 08.30 – 11.00 WIB tersebut, petugas berhasil melakukan 78 penilangan dari 193 kendaraan yang diperiksa, yaitu 45 kendaraan ditilang kepolisian dan 33 kendaraan ditilang Dishub.

Dari penilangan 33 kendaraan oleh Dishub meliputi pelanggaran uji berkala mati sejumlah 14 kendaraan, pelanggaran dimensi 7 kendaraan, dan tonase 12 kendaraan.

(mun/pan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *