Walikota Kediri Tinjau Kampung Prodamas dan Keren

ANALISAPUBLIK.COM | Kediri – Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar mengunjungi Kampung Jamu yang terpusat di RW 02 Kelurahan Kampung Dalem.Dalam kunjungan ini Walikota Kediri didampingi Camat Kota Hery Purnomo dan Lurah Kampung Dalem Romhat Setyo Rianto, Minggu (4/8).

Saat berjalan menyusuri gang-gang di Kelurahan Kampung Dalem beberapa kali Abdullah Abu Bakar berhenti mengunjungi beberapa sentra jamu untuk melihat produk-produk jamu yang dihasilkan.Tidak hanya itu, di RW 02 Kelurahan Kampung Dalem ini juga merupakan Kampung Ramah Anak.Bahkan Abdullah Abu Bakar mencoba berbagai permainan tradisional bersama anak-anak dan berfoto dengan latar beberapa gambar unik yang dibuat oleh warga dan karang taruna Kampung Dalem.

Walikota menjelaskan Kampung Jamu yang ada di Kelurahan Kampung Dalem ini mendukung program Pemerintah Kota Kediri yakni kampung kreatif dan independen (Keren). Dimana program ini bertujuan agar kampung-kampung yang ada di Kota Kediri berdaya dan berdaya saing. “Kelurahan Kampung Dalem ini merupakan salah satu kelurahan yang keren. Karena bisa mengkolaborasikan Prodamas dan Kampung Keren yang menjadi program unggulan di tahun 2020 dan selanjutnya. Kebetulan disini banyak sekali aktivitas-aktivitas para pedagang yang dari dulu adalah pusat kuliner dan perdagangan. Ada jamu, tumpang, sate dan macem-macem disini. Sehingga ini bisa dikolaborasikan serta pedagangnya diikut sertakan dalam membangun kampung ini”ujarnya.

Selain itu walikota juga mengapresiasi Kampung Ramah Anak yang juga ada di Kelurahan Kampung Dalem. Menurutnya dengan Kampung Ramah Anak, lingkungan disini menjadi lebih bersih dan rapi. Serta sangat optimal untuk tumbuh kembang anak. “Anak-anak disini berada di kampung keren dan ramah anak. Sehingga kedepan meskipun ini ada di kampung tapi kampung nya bisa bersih dan sehat. Kampungnya nggak boring”ungkapnya.

Kedepan, walikota muda ini menekankan Kelurahan Kampungdalem bisa memaksimalkan Prodamas Plus yang menjadi salah satu program unggulan Pemerintah Kota Kediri. Diharapkan Prodamas Plus bisa memberikan dampak yang lebih besar bagi masyarakat dan kemajuan Kota Kediri.”Saya lihat disini sudah tidak seperti dulu yang agak semrawut.Kedepan ada Prodamas Plus yang bisa dikerjakan bersama-sama.Jadi semua bisa tercapai.Ibaratnya sekali dayung tiga pulau terlampaui.Yakni masyarakatnya sejahtera dan juga disini bisa jadi destinasi wisata,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama Lurah Kampung Dalem Rohmat Setyo Rianto menjelaskan memang RW 02 ini dipusatkan untuk Kampung Jamu dan Kampung Ramah Anak.Disini ada beberapa outlet untuk pemasaran produk jamu dan sentra jamu untuk produksi jamunya.”Sampai saat ini untuk sentra penjual jamu yang berproduksi sendiri sudah lebih dari 59.Untuk outletnya akan kita pusatkan di dua titik. Kedepan ini akan terus kita kembangkan,” ujarnya.

Rohmat juga mengungkapkan di Kelurahan Kampung Dalem ada beberapa kampung tematik lainnya selain Kampung Jamu dan Kampung Ramah Anak di RW 02. Seperti di RW 01 ada Kampung Budaya dimana akan ada bahasa jawa massive. Di RW 03 ada Kampung Winner yakni wisata dan kuliner. Di RW 04 ada Kampung Hijau yang bersih dan bebas asap rokok serta narkoba.

“Harapannya semua akan menjadi destinasi wisata edukasi karena di Kota Kediri untuk alam saya rasa susah mengembangkannya. Makanya kita coba kampung wisata edukasi. Dari kampung wisata akan ada dampak ekonomi bagi masyarakat,” pungkasnya.

(pan/mun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *