Himbauan Bu Risma Masalah Hewan Kurban

ANALISAPUBLIK.COM | Surabaya – Idul Adha 1440 Hijriah tinggal beberapa hari lagi, Wali Kota Surabaya mengimbau agar masyarakat tidak memotong maupun membuang limbah hewan kurban di sembarang tempat. Bu Risma juga mengimbau pengemasan daging hewan kurban yang dibagikan nanti supaya tidak menggunakan kantong plastik, karena akan mencemari lingkungan.

“Tidak boleh memotong hewan kurban di sembarang tempat ya. Nanti efeknya bisa penyakit , virus dan sebagainya. Kemudian tempat-tempat penyembelihannya juga kita cek, tidak boleh dekat perumahan atau pemukiman),” kata Bu Risma pada Selasa (6/8/2019).

Pengemasan daging hasil korban kalau bisa jangan pakai plastik, sebab menurut Bu Risma, sampah plastik itu sulit terurai dan akan berdampak mencemari lingkungan. Sebenarnya bisa pakai daun lebih ramah lingkungan.

Sementara itu, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya akan melakukan sidak penjualan hewan kurban mulai hari ini, Selasa (6/9/2019)

Meita Irene Wowor selaku Kabid Peternakan dan Penyuluhan DKPP Surabaya mengatakan, sidak hewan kurban akan dimulai dari kawasan Mulyosari kemudian menyisir sampai ke kawasan lainnya. Dalam sidak dan pengawasan lapangan, sedikitnya akan ada 10 petugas yang akan diterjunkan.

“Nanti kalau mendekati hari H-nya, pemeriksaan hewan kurban akan dilakukan secara terpadu oleh Persatuan Dokter Hewan Indoneia (PDHI) Jatim,” tegasnya

Selain memeriksa kesehatan hewan kurban, para petugas juga memeriksa kelayakannya untuk kurban. Pengalaman untuk tahun-tahun sebelumnya, penyakit yang diidap hewan kurban tak ada yang terlalu fatal.

(Ard/Lut)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *