Upacara Peringatan Hari Pramuka ke 58 Tingkat Kwarran Todanan

Kapten Chb Sudiyono Ajak Gerakan Pramuka Membangun Keutuhan NKRI.

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Pada hari Pramuka ke 58, Komandan Koramil 14/Tdn Kapten Chb Sudiyono mengajak gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) untuk siap sedia membangun keutuhan NKRI.

Kapten Chb Sudiyono selaku inspektur upacara, membacakan amanah dari Komjen. Pol. (Purn) Drs. Budi Waseso, selaku Ketua Kwartir Nasional pada pelaksanaan upaca bendera tingkat kwartir ranting (Kwarran) yang diikuti forkompimcam dan ketua Kwarran Todanan, Sutejo, S. Pd., serta pelajar sekolah di lapangan sepak bola kecamatan Todanan Kabupaten Blora.

“Sebagai wujud dan bentuk keikutsertaan gerakan pramuka dalam memerangi radikalisme dan terorisme, saat ini Kwartir Nasional secara terus menerus menjalin komunikasi dan menjajaki kerjasama dengan berbagai instansi terkait penanganan masalah tersebut,” ucap Kapten Chb Sudiyono yang juga sebagai Ketua Markas Binaan Kwartir Ranting (Mabiran) Todanan pada Rabu (14/08/2019).

Selain isu radikalisme, Danramil juga memaparkan tentang pengaruh arus globalisasi yang mempengaruhi ketahanan pangan.

“Sepintas arus globalisasi memudahkan pemenuhan berbagai kebutuhan dasar manusia, termasuk kebutuhan pangan. Namun disisi lain, hal ini dapat mengancam keberlangsungan nasib petani, karena dengan murah dan mudahnya bahan pangan dari negara lain masuk ke pasar Indonesia. Dalam jangka panjang ketahanan pangan kita akan semakin rentan dan ketergantungan pada impor. Kwartir nasional memandang perlu mencanangkan suatu gerakan perlindungan bagi petani, dengan lebih banyak mengkonsumsi produk pertanian loka,” paparnya.

Dirinya berharap agar para anggota Pramuka menjadi bagian menanamkan nilai-nilai luhur dalam menjaga keutuhan NKRI.

“Anggota Pramuka itu merupakan pribadi yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya, sehingga siap sedia membangun keutuhan NKRI adalah merupakan tekad dan i’tikad gerakan Pramuka untuk menjadi bagian yang terdepan menanamkan nilai-nilai luhur. Jadikan gerakan ini sebagai wujud kecintaan segenap anggota Pramuka kepada NKRI,” pungkasnya.

(Arifin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *