Unik ! Komunitas Sepeda Tua Gelar Upacara Kemerdekaan RI di Alas Srigati

ANALISAPUBLIK.COM | Ngawi – Dalam Rangka memperingati HUT RI ke-74, Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Ngawi yang lahir pada tahun 2010 ini mengadakan upacara bendera di tempat wisata hutan Ketonggo yang biasa dikenal dengan sebutan alas Srigati yang berada di Desa Babadan, Kecamatan Paron, kabupaten Ngawi pada Sabtu (17/8).

Sebelum upacara dimulai masing masing peserta menata sepeda tuanya berjejer rapi, sepeda tua dengan berbagai merk tersebut menarik perhatian. Karena selain usia sepeda yang memang sudah tua juga dilengkapi dengan berbagai asesoris,tak hanya itu yang lebih unik lagi para peserta upacara mengenakan pakaian tradisional ala Tempoe Doeloe. Diantaranya, menyerupai pakaian jaman Kolonial Belanda, jaman Jepang dan pakaian tradisional Jawa.

Seperti upacara bendera pada umumnya, dilakukan juga pengibaran bendera merah putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya,Pembukaan Undang-undang 1945,sebagai inspektur upacara KOSTI ini adalah Supriyanto (Mas Kaprek) yang tak lain adalah Kepala desa Teguhan.

Menurut Sumaryoga Ketua KOSTI Ngawi dengan menggelar upacara bendera ini bertujuan untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan yang telah gugur membela negara pada jaman penjajahan, “Kita memilih alas Srigati ini karena tempat ini mempunyai nilai sejarah perjuangan kemerdekaan dan disini tempatnya religi sehingga kegiatan ini sangat khidmad,” tuturnya.

Laki laki asal Pelem yang mempunyai sepeda tua keluaran 1928 ini juga menyampaikan, “Kegiatan ini merupakan agenda tahunan dan perintah langsung dari KOSTI pusat, kami dari KOSTI Ngawi sangat antusias dan tak hanya kegiatan ini kedepan juga selalu akan berinovasi dalam agenda agenda yang lain,” tegasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh puluhan nama komunitas sepeda tua yang ada dingawi dengan ratusan anggota yang hadir mulai dari anak kecil hingga muda dan tua,Seperti halnya Mbah Wito 70th dari KONGRA komunitas onthel Ngawi ramah,wajah yang keriput dan rambut sudah berubah warna ini terlihat semangat dengan mengambil barisan yang paling depan,Mbah Jo 62th juga dari KONGRA berharap dengan adanya kegiatan ini KOSTI Ngawi bertambah anggotanya dan selalu kompak.

(Wartawan : Ari hermawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *