21 Titik Hotspot Terpantau di Pelalawan, Terbanyak Kedua di Riau

ANALISAPUBLIK.COM | Pelalawan – Hotspot di Kabupaten Pelalawan Riau terpantau 21 titik hari ini, Senin (19/8/2019), berdasarkan laporan dari satelit Badan Meteorolog Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru.

Titik panas di Pelalawan terbanyak kedua setelah indragiri Hilir (Inhil) yang terdapat 22 titik. Sedangkan hotspot yang level confidence di atas 70 persen di Pelalawan terdapat 15 titik artinya berpotensi besar titik api atau firespot.

“Kalau jarak pandang kita mencapai 5 kilometer, karena kabut asap sudah mulai berkurang,” ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Senin (19/8/2019).

Hadi Penandio menjelaskan, kebanyakan titik api yang terpantau itu tersebar di Kecamatan Teluk Meranti.
Diantaranya terdapat di Kelurahan Teluk Meranti, Desa Segamai, dan Desa gambut Mutiara yang terpantau beberapa lokasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).
Saat ini upaya pemadaman dan pendinginan ditangani olejh tim rayon Kecamatan Teluk Meranti dibantu dengan tim Satpol PP dan Damkar serta tim Polres Pelalawan.

Personil gabungan akan disebar ke beberapa lokasi Karhutla untuk fokus memadamkan dan melokalisir pangkal api.
“Kalau personil lainnya, termasuk anggota kami masih fokus pendinginan di Jalan Lintas Timur (Jalintim) Pangkalan Kerinci,” tutur Hadi Penandio.

Selain itu ada beberapa lokasi Karhutla lama yang saar ini terus melakukan pendinginan seperti di Desa Mak Teduh Kecamaran Kerumutan, Desa Merbau Kecamatan Bunut, dan Desa Sering Kecamatan Pelalawan.

(Red/sto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *