Pemusnahan Dokumen Rekaman Medis Dibakar

ANALISAPUBLIK.COM | Pelalawan – Badan layanan umum daerah (BLUD) RSUD Selasih Pangkalan Kerinci memusnahkan dokumen rekam medis. Pemusnahan dokumen rekam medis itu dilakukan secara simbolis dengan cara dibakar, disamping gedung RSUD Selasih, Jumat (6/9/19).

Pemusnahan sejumlah arsip medis ini, berdasarkan peraturan dan perundang-undangan yakni Permenkes nomor 269 tahun 2008. Sejumlah pejabat dan instansi terkait turut serta diundangan untuk menyaksikan.

Diantaranya, Plt. Kadiskes Asril, Kejari Pelalawan diwakili oleh kepala seksi barang bukti, Silfanus Rotua Simanulang, perwakilan dinas lingkungan hidup, perwakilan Polsek Pangkalan Kerinci, tokoh masyarakat, serta direktur RSUD Zul Anwar beserta jajaran staf.

Direktur BLUD RSUD Selasih, Zul Anwar mengungkapkan, pemusnahan arsip dan dokumen rekam medis mengacu kepada Permenkes nomor 269 tahun 2008, tentang rekam medis. Dikatakan dia, pemusnahan ini adalah yang pertama kali dilakukan dilingkungan RSUD. Adapun, arsip yang dimusnakan, terhitung sejak tahun 2004 sampai dengan tahun 2008.

“Pemusnahan ini adalah bagian dari akreditasi. Arsipkan yang kita musnahkan, terhitung sejak tahun 2004 sampai 2008,” imbuhnya.

Plt. Kadiskes Asril, mengapresiasi pemusnahan dokumen rekam medis yang dilakukan pihak RSUD. Ia berterus terang pemusnahan tersebut sebagai sebuah tata kelola manajemen yang baik.

“Ini merupakan bagian dari penghapusan aset, meskipun demikian penghapusan aset mesti dikelola dengan baik, mengikuti prosedur sesuai dengan peraturan,” tegasnya.

Penghapusan rekam medis yang dilakukan RSUD, dinas kesehatan kabupaten Pelalawan sangat mendukung kata Asril. “Kita sangat mendukung, juga hendaknya diikuti oleh Pukesmas- Puskesmas yang ada di kabupaten Pelalawan,” harapnya.

(Penulis : Suswanto,S.Sos)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *