Peringatan Suroan, Upat-Upat Bumi Gelar Parade Obor Nusantara

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Upat-Upat Bumi yang beralamat di Desa Dalangan Kecamatan Todanan Kabupaten Blora menggelar Parade Obor Nusantara. Kegiatan dengan tema “Ngrumat Bumi Ngruwat Ibu Pertiwi” ini dilakukan dalam rangka memperingati tahun baru Jawa atau yang diawali bulan Suro pada Minggu (08/09/2019) malam.

Selain anggota PKBM Upat-Upat Bumi, kegiatan pawai obor yang diiringi seni barongan Singo Lodro juga diikuti puluhan peserta dari berbagai elemen masyarakat. Tidak hanya dari masyarakat setempat, akan tetapi ada pula yang dari luar kota, seperti Sukolilo (Pati) dan juga dari kabupaten Rembang.

Supat, ketua PKBM Upat-upat Bumi mengatakan bahwa selain memperingati tahun baru Jawa, juga untuk mempertahankan budaya.

“Lamporan ini dilakukan untuk memperingati Suroan. Kami takut budaya seperti ini hilang, maka kami mengadakan event untuk nguri-nguri (memelihara; baca jawa) budaya,” ungkapnya.

Dia menambahkan bahwa kegiatan seperti itu jika dikemas dengan baik, bisa dijadikan paket wisata.

“Kalau saya memandang suatu dari seni budaya, suatu potensi yang menjadikan dorongan atau alat untuk menyampaikan pesan sosial. Kebudayaan itu kan seni, kebebasan berpikir dan mengeksplore sesuatu. Jika event seperti ini dikemas dengan bagus, bisa menjadi salah satu paket wisata. Seperti halnya Sekaten di Solo dan Dandangan di Kudus,” jelasnya.

Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman, M. Si., saat berkunjung di pendopo PKBM Upat-upat Bumi mengapresiasi kegiatan tersebut. Dirinya memaparkan festival kebudayaan yang diselenggarakan rutin tahunan di kabupaten Blora, yang saat ini diadakan di Goa Sentono kecamatan Kradenan akan merekomendasikan kegiatannya di Todanan.

“Festival kebudayaan yang saat ini diadakan di Goa Sentono kecamatan Kradenan, insyaallah mungkin tahun depan bisa diadakan di Todanan. Kami akan menyampaikannya kepada kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) agar menindaklanjutinya,” kata Wabup Blora.

(Arifin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *