Pembakar Lahan Perkebunan Diciduk Polisi

ANALISAPUBLIK.COM | Banjar – Pelaku pembakaran hutan dan lahan perkebunan yang selama ini meresahkan masyarakat, Usai Balau (25 th) tertangkap basah oleh anggota kepolisian Polres Banjar dan masyarakat setempat, langsung diciduk dan digelandang ke Polres, karena didapati saat melakukan, membakar lahan perkebunan milik PTPN XIII Afdeling VIII yang berlokasi di Desa Tanah Abang Rt.03 Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar Selasa (24/9/2019) pada pukul 19.30 Wita.
Penangkapan tersebut berawal dari laporan masyarakat yang melihat nyala api disertai kepulan asap dilahan perkebunan karet tersebut.

“Ketika melihat api menyala dilahan perkebunan, kami langsung melaporkan hal tersebut menelpon Polisi Bhabin,” demikian ucap Rusmani (36 th), saksi pertama kali yang melihat kebakaran itu.
Kapolsek Matraman, Iptu Embang Pramono, S.H., M.H. pers mengungkapkan, Setelah menerima informasi tersebut, dirinya dan beberapa anggota, dibantu masyarakat langsung bergerak menuju TKP, mencari pelaku pembakaran. Ternyata tidak jauh dari lokasi kebakaran didapati, M. Husni Tamrin alias Usai tersebut.
“Benar setelah mendapatkan laporan dari masyarakat, kami segera menuju lokasi dan menemukan pelaku Usai disana,” ucap Embang Pramono

Ketika dimintai keterangan, kepada Polisi, pelaku mengakui perbuatannya, memang dirinya yang telah membakar lahan perkebunan karet tersebut dengan menggunakan sebuah mancis (korek gas.red) berwarna merah.

“Setelah kami mintai keterangan, pelaku mengaku, bahwa ini yang kedua kalinya dia melakukan pembakaran lahan, lokasi pertama terbakar seluas 5 hektar dan lokasi kedua terbakar sekitar 10 meter persegi,” terang Iptu Embang.

Sementara itu, setelah menerima laporan kejadian tersebut, Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete turun kelapangan untuk melihat langsung proses olah TKP pembakaran tersebut ditemani oleh Satgas Gakkum Karhutla Kabupaten Banjar beserta perwakilan dari perusahaan PTPN Danau Salak, Rabu (25/9/2019) pukul 09.30.

Kepada warga, Kapolres berjanji akan segera memberikan reward kepada masyarakat yang turut membantu pihak Kepolisian dalam menjaga lingkungan dari kebakaran hutan dan lahan.

“Tentunya saya akan memberikan penghargaan kepada masyarakat yang peduli dan berpartisipasi menjaga lingkungan dari kebakaran hutan dan lahan seperti masyarakat yang ada di Desa Tanah Abang ini,” ucap AKBP Takdir Mattanete, S.H., S.I.K., M.H.

(aa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *