BPPT Resmikan Pilot Project Sistem Integrasi Sapi-Sawit Kelompok Peternak Karya Lestari

ANALISAPUBLIK.COM | Pelalawan – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) meresmikan Pilot Projet Sistem Integrasi Sapi- Sawit Milik Kelompok Peternak Karya Lestari di Kecamatan Kerumutan. Jum’at, (11/10/2019)

Hadir dalam acara ini Bupati Pelalawan H.M Harris, Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi Dr. Ir. Soni Solistia Wirawan, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Elly Suryani, Anggota DPRD Kab. Pelalawan Imustiar, S.IP, Kepala Bapeda M. Syahrul Syarif, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kab. Pelalawan Mazrun, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Syamsul Anwar, Kepala Dinas Koperasi Fakhrizal, Camat Kerumutan Husnizal, Kepala Desa, Ketua Kelompok Pelernakan Karya Lestari Beni Manggolo, Serta tamu undangan yang hadir.

Ketua Kelompok Peternak Karya Lestari Beni Manggolo dalam kata sambutannya mengatakan, terimakasih kepada BPPT yang telah bekerjasama dalam melakukan pembinaan dan merepkan bioteknologi terhadap Kelompok Karya Lestari, sehingga kami bisa berkembang sejauh ini dan menjadi Satu- satunya Kelompok Percontohan di Indonesia. Semoga kedepan Kelompok Peternak Karya Lestari bisa menjadi rujukan kepada kelompok ternak lainnya, kami akan terus mengembangkan tenknologi pengintegrasian Sapi- Sawit ini kedepannya. “Mudah-mudahan kedepannya Kelompok Karya lestari ini dapat mengembangkan Pengintegrasian Sapi- Sawit ini disetiap kecamatan sekabupaten Pelalawan ini”. Ujarnya

Selanjutnya Deputi Kepala BPPT Bidang TAB Dr. Ir. Soni Solistia Wirawan dalam kata sambutannya mengatakan, Tugas BPPT adalah berinovasi, untuk itu kami selalu berupaya untuk terus melalukan pengembangan teknologi salah satunya pengintegrasian Sapi-sawit terhadap Kelompok Peternak Karya Lestari di kecamatan Kerumutan, Kabupaten Pelalawan ini. Perkebunan sawit mempunyai potensi yang besar dalam penyediaan pakan yang murah dan mudah yang dapat digunakan menjadi pakan ternak yang berkualitas. Soni berharap semoga intergrasi sawit sapi dapat terus dikembangkan di daerah-daerah lain, dan kami di BPPT siap membantu dalam mengembangkan integrasi sapi-sawit guna meningkatkan populasi dan produktivitas ternak sapi.

Sementara itu, Bupati Pelalawan H.M Haris mengatakan, terimakasih atas pembinaan BPPT Kepada Kelompok Peternak Karya Lestari dalam pengintegrasian sapi- sawit ini. BPPT selama 10 tahun telah bekerjasama dengan kabupaten pelalawan dan berhasil untuk dijadikan contoh bagi daerah lain dalam menerapkan integrasi sapi-sawit.

M. Harris menambahkan, Semoga tujuan kita untuk menjadikan Kabupaten Pelalawan sebagia tempat wisata ternak dapat diwujudkan, tentunya untuk mendukung semua itu kita harapkan kerjasama berbagai pihak. Terutama perusahaan- perusahaan Swasta yang berada di Kabupaten Pelalawan dalam memberikan kontribusinya kepada masyarakat untuk beternak Sapi.

“Saya berharap kerjasama antara BPPT dan Kebupaten Pelalawan tidak berhenti sampai disini, karena untuk mengembangkan sumber daya alam dan sumber daya manusia sangat membutuhkan sentuhan teknologi”. Akhirnya.

(Penulis: Suswanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *