Tingkatkan Kesiapan Personel, Basarnas Biak Gelar Rapat Koordinasi

ANALISAPUBLIK.COM | Biak Numfor – Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kabupaten Biak melaksanakan rapat koordinasi dan latihan bersama guna meningkatkan kesiapsiagaan personel dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan dampak bencana alam di tujuh kabupaten dalam wilayah kerja se-Taluk Seareri.

“Melalui pelaksanaan rapat koordinasi dan latihan bersama diharapkan kinerja Basarnas Biak lebih optimal dalam memberikan pelayanan bantuan kepada masyarakat di tujuh wilayah kerja kantor SAR Biak,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Biak Melkianus Kotta seusai pembukaan rapat kerja di Biak, Selasa (22/10/2019).

“Menghadapi bencana alam, seluruh potensi SAR dituntut untuk selalu siap kapan pun dan di mana pun”. Kata dia

“Dengan rapat kerja ini, antara instansi pemerintah dan organisasi potensi SAR dapat bersinergi dalam memberikan pelayanan pencarian dan pertolongan terhadap korban bencana alam,” ucap Melkianus.

Staf ahli Bupati Biak Abdul Kahar yang hadir mewakili bupati mengatakan, Pemerintah Kabupaten Biak Numfor mendorong kerja sama antara potensi SAR di Biak. Baik, instansi pemerintah, satuan TNI, Polri dan kelompok masyarakat.

Kerja sama tersebut menurut dia, penting dalam upaya pencegahan dan penanggulangan dampak bencana di wilayah kerja Basarnas Biak yang mencakup kabupaten Supiori, Nabire, Yapen Kepulauan, Waropen, Paniai, Mamberamo Tengah, serta Enarotali.

Rapat koordinasi kegiatan pencarian dan pertolongan Kantor Basarnas Biak diikuti 40 peserta, sementara itu, simulasi penyelamatan melibatkan 60 peserta yang terdiri atas 30 anggota Basarnas dan 30 peserta dari potensi SAR.

(JER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *