Mitra Kerja Bidang Keamanan, Linmas Desa Biting Dilatih Beladiri

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Dalam bidang pengamanan wilayah, jajaran Kepolisian Polres Blora tidak dapat bekerja sendiri. Melainkan membutuhkan kerjasama dengan berbagai elemen pengamanan, seperti linmas.

Seperti halnya yang dilakukan Bhabinkamtibmas Polsek Sambong, Bripka Agus Puji bersama Babinsa Sertu Sugiyono memberikan materi pelatihan kepada 20 anggota Linmas Desa Biting kecamatan Sambong kabupaten Blora, Selasa (12/11/2019).

Kegiatan latihan yang dilakukan secara berkala setiap bulan ini, untuk meningkatkan kemampuan dan kedisiplinan anggota linmas. Selain itu, juga agar terciptanya koordinasi antara linmas dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam melaksanakan tugas memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat di desa binaannya.

“Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan kepada anggota linmas bertujuan untuk meningkatkan kemampuan individu perorangan. Mengingat linmas adalah sebagai perlindungan masyarakat di wilayah pedesaan,” ujar Bripka Agus saat memberikan pelatihan di balai desa setempat.

Linmas yang merupakan mitra kerja dan perpanjangan tangan kepolisian dalam bidang keamanan, tidak hanya diberikan materi tentang beladiri, namun juga pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB). Latihan ini juga untuk memupuk rasa kebersamaan diantara anggota linmas agar meningkatkan solidaritas dan kepercayaan diri dalam melaksanakan tugas.

“Materi yang disampaikan kepada anggota linmas, meliputi latihan PBB dan latihan dasar beladiri. Hal ini penting bagi anggota linmas untuk antisipasi gangguan Kamtibmas,” terangnya.

Menurutnya, linmas merupakan tenaga cadangan yang menjaga keamanan dan ketertiban bersama TNI dan Polri dalam konsep mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

Dirinya juga berharap, dengan pelatihan ini sebagai anggota linmas akan percaya diri dan mahir, serta mampu mengatasi gangguan Kamtibmas di wilayahnya sendiri.

(Arifin/Nir)