Waduh.!!! 8 Truk Diamankan Polda Kalteng, Ada Apa?

ANALISAPUBLIK.COM | Palangka Raya – Jajaran Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) berhasil amankan 8 truk yang diduga mengangkut kayu ilegal. Dari informasi yang diperoleh bahwa kayu itu sudah berbentuk olahan, Selasa (19/11/2019) lalu.

Pengkapan itu ketika Tim Operasi Wanalaga Telabang 2019 yang dipimpin oleh Kasubdit Tipidter, AKBP Manang Soebeti S.Ik M.Si setelah mendapatkan informasi yang akurat dari masyarakat bahwa adanya pengangkutan kayu olahan dan langsung melakukan penyelidikan dan pemeriksaan lapangan.

“Dalam penyelidikan tersebut, kami berhasil menangkap delapan sopir truk yang bermuatan kayu olahan jenis meranti di Jalan Kapten Piere Tendean, Kota Palangka Raya,” kata Dirreskrimsus Polda Kalteng melalui Kasubdit Tipidter, AKBP Manang Soebeti S.Ik M.Si ketika konferensi pers di lapangan belakang Mapolda setempat, Kamis (21/11/2019).

Manang menerangkan, kedelapan pelaku ilegal logging tersebut diantaranya berinisial EP, De, RDP, Ju, Fa, AT, DS, dan Al.

“Disamping delapan pelaku itu yang berperan sebagai sopir, tim kami juga mengamankan Nu yang merupakan pemilik kayu olahan jenis meranti tadi dan MGR sebagai pembuat dokumen,” ungkapnya.

Sedangkan, Manang menambahkan, modus operandi dalam tindak pidana ilegal loggingi itubpara pelaku mengangkut, menguasai, serta memiliki hasil hutan kayu yang tidak dilengkapi dengan Surat Keterangan Sahnya Hasil Hutan (SKSHH).

“Atas tindak pidana ini, kami akan menerapkan UU nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusahaan hutan pasal 83 ayat (1) huruf b jo pasal 12 huruf a dan pasal 88 ayat (1) huruf b jo pasal 16 dengan ancaman pidana penjara maksimal lima tahun dan denda paling banyak Rp. 2,5 Miliar,” pungkasnya.

(Sugian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *