Hari Peduli Sampah Nasional di Desa Tambakrejo

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Sidoarjo – Ceremonial Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019 di TPST Desa Tambakrejo Kecamatan Waru, Sabtu (23/02).

Acara dihadiri Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin ,Anggota DPRD Sidoarjo, Kapolresta Sidoarjo Kombespol Zain Dwi Nugroho Dandim Waru, Camat Waru Fredik Suharto, Kades Tambak Rejo serta para Kader Lingkungan Sidoarjo.

Bacaan Lainnya

Bupati dalam sambutannya, ini cara pemerintah untuk membangun komitmen bersama untuk melakukan pengelolahan sampah dengan baik , seperti halnya sekarang ini sampahnya dikelola , plastiknya bisa dimanfaatkan, bisa dijual ,dibeli sama pabrik, pabriknya di kelola menjadi biji plastik, banyak yang mencari sampah-sampah ini pasti laku, Karena peringatan peduli sampah ini mengambil tema “Kelola sampah untuk hidup bersih, sehat dan bernilai”, inilah bernilai nantinya kita jual sampah plastiknya kita dapat uang,’ ucapnya.

“Kedepan dalam penanganan Sampah , dengan mengelola saniteri pastinya ditampung dan membahayakan sekitar warga TPA Jabon, Karena Sidoarjo 1 hari 1000 ton sampah , kalau dikumpulkan semua kalau tidak dibuang di sungai-sungai, maka Pemerintah Sidoarjo berencana mendirikan Pabrik Pembakaran Sampah dari China, nantinya sampah-sampah bisa dibakar habis dan menjadikan aliran listrik yang bisa bermanfaat di warga sidoarjo, lahannya di TPA Jabon,” terangnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Sidoarjo Ir. Sigit Setyawan mengatakan, edukasi kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan terus dilakukan Pemkab Sidoarjo serta menggerakan peduli sampah kepada para kader lingkungan di seluruh wilayah Kabupaten Sidoarjo. Hal tersebut menjadi himbauan pemerintah pusat. Kebijakan stategis nasional tentang pengelolaan sampah menargetkan pada 2025 produksi sampah dapat berkurang sampai 70 persen. Tanpa dukungan masyarakat hal tersebut sulit dicapai,” ungkapnya.

Kapolresta Sidoarjo, Kombespol Zain Dwi Nugroho menilai peringatan HPSN bersama Pemkab Sidoarjo wujud kepedulian Polri dalam menjaga lingkungan. Melalui kegiatan ini akan mengedukasi masyarakat untuk ikut menjaga lingkungan.
“Polresta Sidoarjo telah membuat gerakan pilah sampah. Sampah organik dan non organik dipilah. Sampah organik diolah menjadi pupuk sedangkan non organik dapat didaur ulang menjadi sesuatu yang bermanfaat,” imbuhnya.

Setelah pembukaan ceremonial Peringatan Hari Sampah Nasional 2019 oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, dilakukan peletakan batu pertama rumah komposti TPST Tambak Rejo di dampingi Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Sigit Setywawan,serta para kader lingkungan, dilanjutkan dengan menyebar benih ikan di kolam budidaya TPST Tambak Rejo Waru, Sidoarjo. (HERI)


Loading...

Pos terkait

Loading...